alexametrics

Pisowanan Tandai Awal Pelaksanaan Tradisi Grebeg Besar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pisowanan atau kegiatan bupati sowan ke Kasepuhan Kadilangu menjadi penanda akan dimulainya pelaksanaan tradisi Grebeg Besar. Kemarin, pisowanan dilakukan Bupati Demak dr Eistianah bersama rombongan pejabat teras.

Bupati didampingi Wabup KH Ali Makhsun, Pj Sekda Eko Pringgolaksito, Asisten 1 AN Wahyudi, Asisten 2 Agus Nugroho LP dan pejabat lainnya. Sesampainya di Kasepuhan Kadilangu, tepatnya di Sasono Renggo, bupati dan rombongan disambut Sesepuh Ahli Waris Sunan Kalijaga, Raden Cahyo Iman Santoso dan Ketua Penjamasan Kristiawan Saputra.

Bupati Demak, dr Eistianah mengatakan, pisowanan yang dilakukan tersebut sebagai rangkaian acara Grebeg Besar. “Karena itu, kita sowan bersama kepada keluarga besar Sunan Kalijaga,”katanya. Setelah pandemi, pemkab kembali mengadakan Grebeg Besar.

Baca juga:  Gedung Baru RSI NU Demak Senilai Rp 32 M Diresmikan

“Kita buat rekor berupa inovasi dengan cara menggratiskan tiket masuk pasar rakyat. Ini wujud kecintaan pemkab kepada masyarakat. Semoga inovasi ini bisa diterima dan dilestarikan dan memberi keberkahan,”katanya. Bupati berharap, kasepuhan bisa bersinergi dengan Pemkab Demak.

Sesepuh Ahli Waris Sunan Kalijaga, Muhamad Cahyo Iman Santoso mengatakan, Grebeg Besar merupakan adat yang dijalankan secara rutin dan berpotensi sebagai wisata religi. “Iring-iringan prajurit patangpuluhan hanya ada di Kabupaten Demak,”katanya.

Dalam tradisi Grebeg Besar ini, juga akan ditandai dengan gelaran pasar rakyat, ancakan dan penjamasan pusaka Sunan Kalijaga. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya