alexametrics

UPBD Kabupaten Demak Masuk Nominasi Pemenang Bidan Delima Award Jateng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Unit pelaksana bidan delima (UPBD) Kabupaten Demak masuk nominasi tiga besar dalam lomba Bidan Delima Award tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Terkait hal ini, tim penilai dari UPBD Jateng kembali melakukan penilaian di UPBD Demak.

Ketua atau District Manager UPBD Kabupaten Demak, Hj Aidi Zulaichah menyampaikan, ada tiga kategori dalam lomba Bidan Delima Award tersebut. Yaitu, kategori fasilitator, kategori bidan delima dan kategori UPBD. “Kita masuk yang kategori UPBD,”katanya di sela menerima Sri Rintawati dan Yeni Sugiarti, tim penilai dari UPBD Jateng.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan adalah seputar kiprah organisasi atau lembaga UPBD yang dipimpinnya tersebut selama 2021-2022. Termasuk didalamnya penilaian dari sisi administrasi dan kegiatan yang dilakukan. Saat ini, target prioritas UPBD Demak yang dikejar adalah rekruitmen bidan delima. “Untuk bidan delima akan kita tambah terus. Ini agar bidan yang bertugas makin berkualitas,”katanya.

Baca juga:  Sungai Dolok Meluap, Banyak Desa Terendam Banjir

Berdasarkan data sementara ini, tercatat ada  sekitar 947 bidan yang masuk keanggotaan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Demak. Dari jumlah itu, 414 diantaranya adalah bidan praktik mandiri dan 136 tergolong masuk bidan delima. Mereka bertugas di puskesmas, rumah sakit, Dinas Kesehatan dan lainnya.

“Secara kelembagaan, kita lakukan revitalisasi organisasi, penataan struktur kepengurusan dan penataan sistem administrasi,”katanya.

Ketua IBI Cabang Kabupaten Demak, Wahyu Puji Astuti, S.Tr.Keb mengatakan, pihaknya bersyukur karena UPBD Demak masuk nominasi Bidan Delima Award Jateng. “Tentu, ini sebuah penghargaan bagi kami karena masuk nominasi,”katanya.

Menurutnya, IBI akan berupaya mengejar target pemenuhan keberadaan bidan delima yang dari sisi jumlah dirasa masih kurang. Karena itu, salah satu cara adalah menjadikan bidan praktik mandiri sebagai bidan delima.

Baca juga:  Dinpermades P2KB Bantu Operasional KB di Karangawen

Selain itu, peran bidan juga dibantu dengan adanya fasilitator, pendamping tekhnis dan koordinator lapangan (korlap). “Adanya korlap ini juga sangat membantu penyampaian informasi ke masyarakat hingga tingkat ranting,”katanya.

Wahyu Puji Astuti menambahkan, UPBD Demak kini terus berupaya bangun, bangkit dan berjalan setelah sekian tahun tidur. “Kita mohon ada bimbingan sehingga organisasi ini bisa lebih maju dalam mengabdi masyarakat,”katanya.

SA Rintawati, M.Kes selaku tim penilai dari UPBD Jateng menyampaikan apresiasi untuk UPBD Demak. Menurutnya, penilaian dilakukan bagi yang masuk nominasi, termasuk UPBD Demak. Karena itu, tidak semua dikunjungi tim penilai.

“Ini (UPBD Demak) sudah masuk tiga besar. Sudah masuk juara. Tinggal rankingnya. Nanti kita seleksi lagi,”kata ketua atau province manager UPBD Jateng tersebut. (hib/bas)

Baca juga:  Nekat Beroperasi Selama Ramadan, Puluhan PK dan Pengunjung Karaoke di Demak Diciduk Polisi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya