alexametrics

Sekjen PP ISNU Kholid Syeirazi Lantik Pengurus PC ISNU Demak Periode 2022-2026

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU), Muhammad Kholid Syeirazi melantik jajaran Pengurus Cabang (PC) ISNU Kabupaten Demak periode 2022-2026.
Rangkaian pelantikan yang berlangsung di gedung DPRD Demak ini juga ditandai dengan penyerahan pataka kepada Agus Taufiqurrahman selaku ketua PC ISNU Demak.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Ketua Madrasah Kader ISNU pusat, Dr Fadli Yasir, Ketua PCNU Demak KH Aminudin, Bupati Demak, dr Eistianah, Rektor IAIN Kudus Prof Dr H Abdurrahman Kasdi, Lc, MSi, Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Demak Fatkhurrahman dan undangan lainnya.

Sekjen PP ISNU, Kholid Syeirazi saat mengisi Madrasah Kader ISNU mengungkapkan, potensi sumber daya manusia (SDM) yang tergabung dalam ISNU sangat besar. Karena itu, gelar kesarjanaan tersebut harus dibuktikan dengan karya nyata. “Kesarjanaan harus ditunjukkan dengan karya,”ujar alumni Ponpes Futuhiyyah Mranggen, Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, dan Ponpes Ali Maksum Krapyak Jogjakarta ini.

Baca juga:  Penanganan Banjir Dan Rob 15 Tahun Terakhir Masih Stagnan

Penulis buku Wasathiyah Islam (Anatomi, Narasi, dan Kontestasi Gerakan Islam) yang diterbitkan alif.id ini menegaskan, dalam ber-NU (Nahdlatul Ulama), maka kader ISNU harus memahami alur sanad keilmuan NU. Yaitu, mulai dari Nabi Muhammad SAW, sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, para wali, hingga ulama NU.

“Kita juga harus tahu tentang demografi Aswaja (ahlussunnah wal jama’ah), epistemologi Aswaja hingga penguasaan wasatiyah Aswaja. Dengan demikian, kita akan memahami betul terkait Aswaja Nahdliyyah. Baik dari sisi fikrah, amaliyah maupun harakahnya,”ujar pria kelahiran Pekalongan 15 Mei 1979 yang pernah mengenyam pendidikan S1 Filsafat di Universitas Gadjah Mada (UGM), S2 Ilmu Politik dan S3 kebijakan publik Universitas Indonesia (UI) ini.

Baca juga:  Sinergitas Pemdes Tingkatkan Ekonomi Desa

Ketua PCNU Demak, KH Aminudin kembali mengingatkan pentingnya pengurus ISNU segera melakukan inventarisasi potensi para sarjana NU yang ada di Kabupaten Demak. “Mereka memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda. Maka, perlu ada pemetaan agar potensi itu bisa bermanfaat untuk memperkuat NU,”katanya.

Ketua PC ISNU Demak, Agus Taufiqurrahman juga mengajak pengurus ISNU yang baru dilantik untuk mewujudkan cita-cita bersama membesarkan organisasi ISNU sekaligus NU. “Kita punya jejaring kepengurusan di 14 kecamatan. Tentu, potensi ini bisa dioptimalkan dalam memajukan pembangunan di Demak ini,”katanya.

Bupati Demak dr Eistianah turut menyambut baik pelantikan pengurus PC ISNU tersebut. “Kita berharap, kawan-kawan di PC ISNU bisa bekerjasama dengan kami di Pemkab Demak dalam rangka bersama-sama membangun Demak yang lebih bermartabat, maju dan sejahtera,”katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Pertemuan Pokja Kampung KB Ditandai dengan Giat Membatik Pakai Dedaunan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya