alexametrics

Galakkan Orientasi Tenaga Lini Lapangan di BPKB Kecamatan Mijen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Dinpermades P2KB Pemkab Demak bersama Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Mijen memfasilitasi kegiatan orientasi tenaga lini lapangan  atau yang dikenal dengan pembinaan tribina.

Kegiatan rutin ini  dihadiri Ketua tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP PKK) desa, pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD), kader bina keluarga balita (BKB), kader bina keluarga remaja (BKR), kader bina keluarga lansia (BKL), penyuluh keluarga berencana (PKB) dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB).

Koordinator lapangan (korlap) BPKB Kecamatan Mijen, Nasruddin mengatakan, bahwa orientasi tenaga lini sangat dibutuhkan. “Tujuannya memberikan pengetahuan agar petugas lapangan bisa menjalankan fungsinya sesuai dengan harapan,”katanya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain soal administrasi tribina, tumbuh kembang anak, komunikasi aktif  kepada anak  serta soal 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Menurutnya, kegiatan orientasi tenaga lini ini juga masih berhubungan dengan sasaran institusi masyarakat pedesaan (IMP).

Baca juga:  Objek Wisata Baru Belum Banyak Diburu Pelancong

Terdiri dari PPKBD, sub PPKBD, kelompok KB , kelompok kegiatan poktan , dasa wisma dan keluarga. Demikian pula, materi  juga berkaitan   dengan  kelompok kegiatan poktan(tri bina) kelompok BKB, kelompok BKR, dan kelompok BKL. “Kegiatan ini diaktifkan lagi. kegiatannya setiap bulan 1 kali pertemuan,”katanya.

Dalam kegiatan itu, peserta orientasi juga diminta mengisi buku kegiatan administrasi dari masing masing kelompok tribina. Tujuannya, agar bukunya bisa terisi dengan data yang dibutuhkan. “Dengan pertemuan tribina dasar ini, bisa meningkat menjadi kelompok berkembang,”ujarnya.

Kepala Dinpermades P2KB Taufik Rifai melalui Kabid P2PP, Sukardjo, SKM, M.Kes mengatakan, dalam setiap melakukan kegiatan trbina ini diharapkan selalu bekerja sama dengan baik dengan kader kadernya.

Baca juga:  Camat Demak Kota Buka Pertemuan Pokja Kampung KB Donorojo

Untuk PLKB diharapkan juga ikut memantau dan melakukan penyuluhan  tentang program KB yang sedang berjalan. (hib/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya