alexametrics

595 Calon Jamaah Haji Demak Diberangkatkan 6 dan 7 Juni

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Sebanyak 595 calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Demak siap diberangkatkan ke tanah suci. Gelombang calhaj ini di bagi dua kloter. Yaitu, kloter 6 sebanyak 272 calhaj dan kloter 7 sebanyak 324 calhaj.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Demak, H Muhtadi mengatakan, kloter 6 pemberangkatannya akan digabungkan dengan calhaj dari Grobogan. Sedangkan, kloter 7 digabungkan dengan jamaaah dari Kabupaten Kudus.

Untuk kloter 6, kata dia,  diberangkatkan pada tanggal 6 Juni ini. Yaitu, secara teknis persiapan pukul 03.00 dinihari di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Demak lalu dilanjut dengan salat Subuh. Baru, pukul 05.00 diberangkatkan dari Demak menuju Embarkasi Donohudan Solo.

“Demikian pula, untuk kloter 7 diberangkatkan tanggal 7 Juni.  Adapun, untuk waktu juga sama,”katanya.

Baca juga:  DPRD Minta Pemakaman Jenazah Covid-19 Sesuai SOP

Terkait rangkaian pemberangkatan itu, secara simbolis, Bupati Demak dr Eistianah telah menggelar acara pelepasan calhaj  tersebut di Pendopo, Jalan Kiai Singkil, Kota Demak, Kamis (2/6).

Bupati Eistianah menyampaikan, para calhaj tersebut diberangkatkan secara bertahap. “Kami minta bapak ibu semua bisa mempersiapkan diri, utamanya secara fisik maupun mental. Saya kira, panjenengan semua telah memahami syarat rukun haji baik yang wajib maupun yang sunah,”ujar bupati.

Selain itu, bupati juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersamaan dan merajut saling tolong menolong antar jamaah haji. “Karena pergi ke negara lain tentu berbeda dengan kondisi keseharian di kampung. Karena itu, ikuti saran pimpinan regu dan rombongan kloter. Junjung tinggi nilai kesopanan dan bawa nama baik kota wali,”katanya.

Baca juga:  Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Populer Dibanjiri Peminat

Bupati menambahkan, mengingat kesempatan haji sangat terbatas, maka para calhaj yang akan diberangkatkan untuk selalu bersyukur lantaran diberi kesempatan untuk berangkat pada musim haji 2022 ini setelah dua tahun terkena pandemi Covid-19. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya