alexametrics

Diterjang Rob, Tanggul Sungai Menyong Sayung Jebol Dua Titik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Banjir rob di pesisir Sayung turut menjebolkan tanggul Sungai Menyong. Tanggul yang berada di wilayah Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung ini jebol di dua titik atau lokasi. Panjang jebolnya sekitar 100 meter.

Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet (FBS) menyampaikan, tanggul sungai penahan gelombang air laut tersebut jebol akibat kuatnya arus gelombang rob yang naik ke permukaan pesisir laut Sayung.

“Kami melihat, bahwa tadi ada tanggul yang jebol sehingga air masuk ke perkampungan,”katanya. Karena itu, kata Slamet, perlu ada upaya untuk memperbaiki tanggul tersebut sebagai langkah darurat.

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinputaru Pemkab Demak untuk penanganan tanggul jebol. “Dinputaru akan mengirim karung dan material untuk menutup talud tanggul yang jebol,”katanya.

Baca juga:  Laboratorium Kesehatan Senilai Rp 2 Miliar Diresmikan

Kabid PSDA Dinputaru, Maheswara Winiati mengatakan, pihaknya telah meninjau langsung lokasi tanggul Sungai Menyong yang jebol. “Kita akan atasi secara darurat,”ujarnya.

Kades Sriwulan, Zamroni mengatakan, akibat terjangan rob ini, sebanyak 2.500 kepala keluarga (KK)  likut terdampak. “Ada  3 ribuan rumah yang terendam. Juga ada 3 ribuan rumah tak berpenghuni yang juga kebanjiran,”katanya.

Menurutnya, air rob ketinggiannya mencapai antara 1 hingga 1.5 meter. “Ini tertinggi dalam sejarah rob di Sriwulan,”kata Zamroni. Terkait rob ini, pihaknya juga telah mengevakuasi warga ke lokasi yang aman. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya