alexametrics

BPKB Bonang Gencarkan Pembinaan Kader Penyuluh KB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Bonang kembali menggencarkan pembinaan kader bagi para penyuluh KB di wilayah tersebut. Kegiatan pembinaan kader ini berlangsung di kantor BPKB setempat.

Pembinaan dihadiri langsung Kabid P2PP Dinpermades P2KB,  Soekardjo, SKM, M. Kes. Kemudian, Ahlam Kamal, MM selaku Sub Koordinator Advokasi, KIE dan penggerakan Dinpermades P2KB.

Kegiatan kali ini juga dilakukan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan pelaporan R1PUS oleh kader pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) atau Sub PPKBD. Ini diperlukan dikarenakan laporan R1 PUS ini menjadi pedoman bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD selama bekerja di lapangan.

“Sehingga diharapkan kader PPKBD atau Sub PPKBD harus melakukan pengisian format R1 PUS secara benar sebagai implementasi dari Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana/Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  yang telah dilakukan ke masyarakat,”kata Sukardjo.

Baca juga:  BPBD Pasok 25 Ribu Liter Air Bersih ke Gedangalas

Menurutnya, pengisian R1 PUS ini harus dilakukan secara rutin setiap bulan secara benar. Sebab, dari informasi yang ada pada isian R1 PUS ini dapat dilihat perkembangan semua pasangan usia subur (PUS) warga di wilayah masing-masing, serta dapat dilakukan pendampingan yang tepat sesuai kondisi yang ada.

Dengan demikian, kata dia,  apabila perkembangan semua PUS telah dapat dipantau secara baik dan diikuti dengan penggerakan kelompok kegiatan secara baik pula, maka akan didapat data yang pasti dan jelas.

Sementara itu, Ahlam Kamal, MM juga menyampaikan terkait persiapan kegiatan TPK yang akan segera dilaksanakan. Diharapkan para kader sudah membuat akun dan login ke dalam Elsimil, persiapan mencari target dan tetap solid dalam kegiatan TPK.

Baca juga:  Ketika Warga Menur Demak Belajar Mengolah Gedebog Pisang Jadi Jajanan, Bagaimana Prospek Bisnisnya?

“Mengapa demikian? Karena kita mengingat  bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tim dan bukan kegiatan personal,”ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan pembinaan kader ini diharapkan pelaksanaan kegiatan progam Bangga Kencana di lingkungan wilayah kerja BPKB Kecamatan Bonang semakin lebih baik dan kompak selalu. (hib/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya