alexametrics

Peziarah Padati Makam Sunan Kalijaga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Makam Sunan Kalijaga sudah buka sejak hari pertama Lebaran. Ribuan peziarah dari berbagai wilayah berdatangan.

“Alhamdulillah di samping peziarah dari kabupaten Demak, juga tetangga kabupaten. Para pemudik menyempatkan berziarah,” tutur Juru kunci Makam Sunan Kalijaga Edy Mursalin Jumat (6/5).

Edy mengatakan, pada hari pertama Lebaran kebanyakan kerabat melakukan nyekar. Hari kedua mulai meningkat. Hari ketiga semakin meningkat secara signifikan, bahkan rombongan bus sudah mulai berdatangan. Hari keempat meningkat di atas hari ketiga, mencapai seribu lebih pengunjung.

Pengunjung asal Batang Candra Yudha mengatakan, dia bersama teman-temannya sengaja datang untuk melakukan ziarah sekaligus bersilaturahmi kepada kiai di Semarang sebelum berziarah. Dia mengaku sering berziarah. Selain mendoakan, ziarah juga merupakan tradisi yang sangat penting untuk terus dilakukan, utamanya bagi anak muda.

Baca juga:  Pemudik Langsung Diisolasi di Gedung Diklat

“Setiap tahun saya sowan-sowan kiai, sekaligus melakukan perjalanan ziarah para wali. Sebab, tidak hanya yang masih hidup saja yang perlu kita sowani, yang sudah meninggal pun sangat penting untuk kita sowani dan mendoakan,” katanya. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya