alexametrics

Rutan Demak Terima Tim Monev Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Rumah tahanan negara (Rutan) Demak kelas IIB Demak menerima tim monitoring dan evaluasi (monev) terkait dengan sistem penilaian pembinaan narapidana (SPPN) dan sistem penanganan perkara tindak pidana secara terpadu berbasis teknologi informasi (SPPT TI).

Kunjungan tim monev tersebut menjadi agenda yang terus disosialisasikan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah pada jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di wilayahnya.

Tim monev dipimpin Kasubbid Pembinaan, TI, dan Kerja Sama, Ina Purnaningati Saputro. Tim melakukan monev terkait penerapan SPPN dan SPPT TI yang ada si Rutan Demak.

Saat rombongan tim monev diterima oleh Karutan Demak, Riski Burhannudin, tim memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan agar dalam pengisian SPPN dan penggunaan SPPT-TI dapat selalu terpantau oleh kanwil.

Baca juga:  Pasar Rakyat Kembali Dibuka

Tim kemudian mengecek langsung penggunaan SPPT TI yang ditangani oleh operator. Menurut Ina, penggunaan SPPT TI di Rutan Demak sudah cukup optimal. Ini terlihat dari kecakapan operator dalam memperagakan penggunaan SPPT TI.

“Pada dasarnya sudah berjalan dengan baik. Hanya saja, yang perlu diperhatikan agar diperkuat koordinasi dengan aparat penegak hukum lain terkait penginputan kelengkapan berkas dalam pelaksanaan SPPT-TI. Dengan demikian, tidak terjadi perbedaan data antara satu instansi dengan yang lainnya,”katanya.

Dalam kunjungannya itu, tim juga memberikan sosialisasi tentang pengisian SPPN kepada wali pemasyarakatan. Tim menyarankan agar dilakukan juga sosialisasi kepada warga binaan serta langsung menerapkan program tersebut untuk penilaian dan pemenuhan hak-hak warga binaan. (hib/bas)

Baca juga:  Pemkab Demak Gelontor Bantuan untuk 1.597 Penyandang Disabilitas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya