alexametrics

BUMDes Penopang Pendapatan Desa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak  Pemerintah Desa Tlogorejo, Kecamatan Karangawen, Demak, kini mengandalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menopang pendapatan desa. Ada dua unit usaha yang diandalkan, isi ulang air minum dan pembangunan air minum dan sanitasi masyarakat (pamsimas).

“Pamsimas sudah berjalan lama, tapi sumur yang pertama airnya tidak begitu bagus. Akhirnya kami inisiatif membuat sumur lagi. Alhamdulillah sumur kedua sudah beroperasi sekitar tiga tahun dan berjalan lancar. Sumber airnya bisa mencukupi masyarakat,” tutur ketua BUMDes Rejo Makmur Desa Tlogorejo Muhammad Fariq.

Sementara, Kepala Desa Tlogorejo Muhammad Sodik menuturkan, pihaknya menjadikan BUMDes sebagai program unggulan untuk mendongkrak perekonomian Desa Tlogorejo. Pihaknya menggelontor anggaran Dana Desa (DD) sebanyak Rp 50 juta.

Baca juga:  Olahan Hasil Laut Jadi Produk Unggulan Kampung KB Berahan Wetan Kecamatan Wedung

“Karena pencairan DD baru tahap 1, sementara kami berikan Rp 25 juta untuk BUMDes, tapi sekarang sudah naik menjadi Rp 35 juta. Ini baru berjalan dua bulan,” ujarnya.

Menurutnya, apabila BUMDes bisa berjalan, maka program lainnya akan ikut berjalan, karena tolok ukur wrga adalah dari BUMDes. Dia berharap, BUMDes akan menjadi penopang kegiatan desa lainnya.

Bahkan, dia berprinsip, meski lima tahun mendatang masih ada DD dari pemerintah, dia ingin Tlogorejo tidak meminta DD. Dia menginginkan desanya bisa mandiri. Mendapatkan anggaran desa sendiri. Salah satunya dari BUMDes ini.

“Saya tidak menggantungkan dari orang lain. Saya harus bisa bekerja dan bekerja untuk mencari anggaran desa sendiri dari bumdes,” akunya.

Baca juga:  Begini Alasan Tim Terpadu Tutup Semua Tempat Karaoke

Ke depan, pihaknya berencana membuat galeri untuk produk Tlogorejo. “Warga Desa Tlogorejo ini banyak yang berpotensi. Seperti ada yang memproduksi kripik singkong jagung, bakso goreng, krupuk tahu. Kami berencana menggandeng karang taruna dan UKM lainnya dan membuka galeri,” tambahnya. (din/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya