alexametrics

Rumah Terendam Rob, Warga Kampung Senik Baru Tetap Bertahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Kampung Senik Baru, Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Demak berada di kawasan rob dan di tengah-tengah tambak. Tapi, sejumlah warga memilih untuk tetap bertahan. Mereka tetap bertahan karena tidak memiliki lahan lain untuk dijadikan tempat tinggal.

Kampung ini berada di tengah-tengah tambak. Sebagian rumah warga sudah terendam air. Warga Kampung Senek Baru berprofesi sebagai penambak ikan. Mereka merupakan warga pindahan dari kampung Senik Morosari, Desa Sidogemah, Sayung, Demak. Warga berpindah karena rumah mereka terendam air rob.

“Ternyata di lokasi baru ini, Kampung Senek Baru, tak jauh berbeda. Tetap terendam rob,” kata seorang warga Mu’id kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Anggota Badan Permusyawaratan Desa Dibekali Teknis Pengawasan Dana APBDes

Ia mengaku warga bukannya tidak mau pindah. Bertahan merupakan pilihan terakhir karena tidak tahu harus kemana. Sudah tidak memiliki lahan selain rumah yang ditempati. “Kalau pindah bingung juga tidak memiliki lahan dan pekerjaan. Kalau disini jadi petambak ikan,” tambahnya.

Kampung Senik Morosari, Desa Sidogemah sudah tenggelam karena rob. Tambak di sepanjang pinggir jalan merupakan persawahan. Sebenarnya, meski sepi dan terancam rob, Kampung Senek Baru cukup berpotensi menjadi destinasi wisata. Rumah di tengah-tengah tambak dengan pemandangan alam yang indah. Dihiasi dengan jembatan dari bambu sebagai akses satu-satunya ke rumah tersebut.

“Satu sisi, hal ini menjadi pemandangan indah untuk dinikmati sambil berkeliling kampung. Tapi sisi lain, rumah warga sangat berpotensi terendam banjir saat air pasang,” tambahnya. (din/fth)

Baca juga:  Komisi C Dorong Pemkab Demak Kerja Sama dengan BBWS

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya