alexametrics

Momentum Hari Jadi ke-519, Bupati Demak Segera Wujudkan Perluasan Kota

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Kabupaten Demak  terus berbenah dan menata diri. Di masa mendatang, daerah ini diharapkan bisa menjadi kota yang lebih bermartabat, maju, dan sejahtera. Itu sesuai dengan tagline Hari Jadi ke-519 Kabupaten Demak yang jatuh pada hari ini, Senin (28/3).

Setidaknya, tagline yang diawali dengan Guyub Rukun Mbangun Demak tersebut bisa menjadi spirit bersama-sama semua elemen masyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita yang belum dicapai. Yaitu, Demak sebagai Kota Metropolis layaknya daerah-daerah penyangga lainnya.

Seperti diketahui, Demak merupakan daerah penyangga ibu kota Provinsi Jateng yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Demak yang popular dengan sebutan Kota Wali ini memiliki banyak potensi yang terus digali.

Selain potensi pertanian dan kelautan, daerah ini juga berlimpah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pengembangan UMKM menjadi salah satu bagian penting dari program unggulan daerah. Karena itu, dorongan untuk pengembangan ekonomi masyarakat kecil juga terus dilakukan.

Saat ini, Pemkab Demak juga berharap banyak adanya efek domino jangka panjang dari pembangunan infrastruktur jalan tol Semarang-Demak dan jalan tol Demak-Tuban. Meski pembangunan jalan tol Semarang-Demak masih dalam proses penyelesaian, namun keberadaan jalan tol ini pada saatnya nanti akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat. Utamanya di sektor barang dan jasa serta pariwisata.

Baca juga:  Museum Masjid Agung Kembali Dibuka

Adanya jalan tol tersebut juga akan memudahkan akses para peziarah dari luar daerah untuk berziarah, baik di makam Sultan Fatah di kawasan wisata religi Masjid Agung Demak maupun yang datang berziarah di makam Sunan Kalijaga, Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota.

Manajemen Jawa Pos Radar Semarang yang dipimpin oleh Direktur Baehaqi mengucapkan selamat Hari Jadi ke-519 Kabupaten Demak kepada Bupati Estianah. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

Bupati Demak dr Eistianah mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya potensi ekonomi yang cukup tinggi dari keberadaan jalan tol Semarang-Demak maupun jalan tol Demak-Tuban di masa mendatang. Dia mengatakan, tol akan dilengkapi dengan exit atau pintu keluar akan turut mendukung pengembangan UMKM dan kawasan industri. Wisata religi juga terpengaruh positif dengan adanya jalan tol itu.

“Kita berharap, jalan tol ini akan membuka kran ekonomi yang lebih luas. Akses transportasi juga semakin mudah dan lancar. Koneksitas infrastruktur ini menjadi kunci utama dalam pengembangan daerah,”ujarnya.

Perbaikan infrastruktur juga berpengaruh terhadap biaya transportasi yang sebelumnya relatif mahal bisa ditekan lebih murah dan terjangkau.

Setali tiga uang. Adanya jalan tol itu juga membuat optimistis dr Eistianah. Menurutnya, infrastruktur jalan kabupaten yang telah betonisasi yang didukung koneksitas dengan jalan tol lintas Pantura akan mendukung program perluasan Kota Demak.

“PR kita banyak. Termasuk soal perluasan kota ini. Sebelumnya, perluasan kota ini sudah kita sayembarakan, dan telah terpilih pemenangnya. Karena itu, kita berharap bisa segera mewujudkan perluasan kota tersebut,”kata bupati.

Baca juga:  PKB Demak Fasilitasi Swab Antigen Santri Lirboyo

Meskipun membutuhkan biaya yang lumayan mahal, namun adanya perluasan kota ini setidaknya dapat menjadi tonggak bersejarah dalam menata wajah Kota Demak menjadi lebih baik.

Dokter Eistianah mengatakan, perluasan kota telah menjadi visi misi pemerintahan yang dipimpinnya. “Sudah lama kita ingin agar Kota Demak ini berkembang, sehingga tidak kalah atau tidak  tertinggal dengan daerah lainnya,”harapnya.

Berdasarkan paparan sebelumnya,  Pemkab Demak berencana memperluas Kota Demak ke tiga penjuru.  Lokasi yang akan menjadi sasaran pengembangan kota memanjang mulai dari jembatan Kalikondang, Kecamatan Demak Kota hingga perempatan lampu traffic light Trengguli, Kecamatan Wonosalam. Kemudian, perluasan juga mengarah ke Pasar Wonosalam ditambah ke arah Kecamatan Dempet sampai arah Desa Donorojo, Kecamatan Demak Kota.

Untuk mencapai target pembangunan perluasan kota ini, Bappeda dan Litbang Pemkab Demak sebelumnya telah me-launching sayembara desain perluasan kawasan perkotaan, dan telah ditentukan pemenang hasil sayembara tersebut. Sayembara dimenangkan oleh tim Plot+Design asal Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Peserta sayembara yang meraih juara 1 itu mengusung tema desain, Demak Bhumi Adhiyatma.

Pada prinsipnya penilaian desain yang dilakukan dewan juri lebih menyoroti ide atau gagasan kreatif dari hasil karya peserta. Termasuk, dari sisi budaya masyarakat, penataan lingkungan, kondisi geografis dan lainnya. Terkait dengan perluasan Kota Demak ini, banyak yang mengusulkan agar semua itu dilakukan berbasiskan kota layak huni atau green city berpadu dengan konsep smart city. Juga muncul gambaran atau gagasan membuat Demak sebagai kota festival berbudaya Islam.

Baca juga:  Pertihusada Pelopori Gerakan Hidup Sehat

Kepala Bappeda dan Litbang Suhasbukit menyampaikan, pengembangan kota tersebut setidaknya membutuhkan lahan  seluas 1.313,39 hektare. Di dalamnya terdapat lahan existing berupa industri, permukiman, perkotaan, permukiman pedesaan, sawah pertanian, sungai, avour dan jalan. “Desain ini nantinya dapat menjadi acuan dalam pengembangan Kabupaten Demak yang lebih tertata secara baik dan berkelanjutan,”katanya.

Perluasan kota ini dimaksudkan untuk menopang pengembangan pusat layanan pemerintahan, permukiman penduduk, aktivitas perekonomian dan industri, aktivitas sosial, dan  budaya, serta aktivitas sektor pariwisata. “Dengan demikian, dapat meningkatkan perputaran uang, pengurangan pengangguran, meningkatkan kualitas hidup yang layak, tercukupinya kebutuhan dasar penduduk, serta menjadikan wisatawan lebih nyaman di Demak,”bebernya.

Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet menegaskan, dewan siap men-support pengembangan kota tersebut. Dengan demikian, wajah Kota Demak akan makin membaik. “Kita dukung penuh demi perwajahan Kota Demak yang baik, tertata rapi, dan tidak kumuh. Sehingga kalau masuk Kota Demak itu sudah tampak segar,”katanya. (hib/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya