alexametrics

Semarakkan Hari Jadi Demak ke-519 dengan Tanam Ribuan Pohon di Sekitar TPA Berahan Kulon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Hari Jadi Kabupaten Demak ke-519 disemarakkan dengan dengan berbagai kegiatan. Antara lain, ditandai dengan penanaman ribuan pohon. Secara simbolis, pohon trembesi ditanam di area sepanjang jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung.

Penanaman dipimpin langsung Bupati Demak dr Eistianah, Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet, dan jajaran Forkopimda lainnya.

Turut hadir pula perwakilan dari Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan (BSPTH) Provinsi Jawa Tengah, perwakilan dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah II Pati, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Musyafa dan pejabat lainnya.

Bupati Demak, dr Eistianah mengatakan, pihaknya  menyambut baik adanya kegiatan penanaman pohon ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-519 Kabupaten Demak. “Tentu, kegiatan ini memiliki makna yang stategis dan selaras dengan program unggulan Pemkab Demak yakni peningkatan kebersihan dan keindahan wilayah,”katanya.

Baca juga:  400 Personel Gabungan Awasi Objek Wisata

Menurut bupati, penanaman pohon yang berlokasi di TPA Berahan Kulon tersebut merupakan langkah yang tepat dan solutif untuk mereduksi polusi, mendukung aspek keindahan lingkungan, mengurangi bau sampah, dan bermanfaat bagi konservasi air.

“Selama ini, masyarakat masih menganggap bahwa TPA identik sebagai lokasi yang kumuh, kotor dan bau. Karena itu, upaya penanaman pohon ini semoga mampu menjadikan TPA Berahan Kulon sebagai TPA modern dengan sistem sanitary landfill serta berfungsi sebagai area taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH),”ujar bupati.

Bupati menambahkan, keberadaan TPA itu diharapkan mampu menjawab permasalahan sampah di Kabupaten Demak, terutama sampah di wilayah Wedung dan sekitarnya. Dia mengatakan, produksi sampah tidak bisa dihindari. Karena itu, kata bupati, upaya penting yang dilakukan adalah mengubah mindset, bahwa setiap orang pasti menghasilkan sampah dan pengelolaan sampah adalah tanggung jawab bersama.

Baca juga:  Beli Sayur Pakai Uang Palsu, Warga Desa Sumberejo Dibekuk

“Saya mengajak kepada camat dan para kepala desa untuk mengedukasi masyarakat sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan  pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah. Dengan pemanfaatan dan pengelolaan sampah yang optimal, pencemaran bisa diminimalisir serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,”katanya.

Selain penanaman pohon, juga diserahkan bantuan sosial untuk para pemulung. Hal ini merupakan bentuk respon kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten Demak kepada para pemulung yang dalam tugasnya kerap bersentuhan langsung dengan sampah.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Mari, kita bersinergi dan satukan langkah dalam mewujudkan Kabupaten Demak yang asri dan hijau,”katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya