alexametrics

PPKBD Ngudi Lestari Bonang Gelar Rakor Tenaga Lini Lapangan Program Banggakencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Paguyuban pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) tingkat Kecamatan Bonang, Ngudi Lestari, menggelar rapat koordinasi (rakor) rutin bulanan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 PPKBD yang ada di Kecamatan Bonang.

Hadir pula penyuluh keluarga berencana  (PKB) atau penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) se Kecamatan Bonang. Adapun, dari perwakilan Dinpermades P2KB dihadiri  Drs Ahlam Kamal, MM selaku sub koordinator advokasi, komunikasi informasi edukasi (KIE) dan penggerakan.

Selain itu, terdapat juga  kunjungan dari lintas sektor perwakilan Dinkominfo Drs Promono MM selaku kabid informasi dan komunimasi publik. Pertemuan kali ini dilaksanakan di RM Ayam Geprek Sako.

Kegiatan pertama dibuka oleh Drs. Promono, MM yang menyampaikan, bahwa kader-kader dapat menjadi anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang tujuannya untuk mendukung pembangunan desa dengan menyampaikan dan memberikan berita dan informasi yang aktual dan akurat.

Baca juga:  Legislator PKB Minta Kiai Bersinergi Dorong Program Keumatan

Tujuannya adalah,  diharapkan dapat mengurangi atau menyangkal berita hoax. Selanjutnya untuk kader yang memiliki usaha atau kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA) dapat di bantu untuk di promosikan produknya di website digitalent.

Selanjutnya Drs. Ahlam Kamal, MM menyampaikan, terkait kegiatan dan tugas PPKBD juga harus dicatat setiap kegiatannya dan diinputkan di aplikasi New Siga.

“Kita juga berharap, PPKBD harus memiliki data pasangan usia subur (PUS), hamil, kelahiran, lahir, mati, dan nama akseptor KB serta jumlah capaian peserta KB aktif (PA) dan peserta KB baru (PB).

Menurutnya, kegiatan-kegiatan tim pendamping keluarga (TPK) merupakan kegiatan yang biasanya sudah dilaksanakan oleh PPKBD. Berupa, kegiatan di posyandu, melakukan KIE ke masyarakat, dan pendampingan kepada ibu hamil, ibu pascapersalinan dan ibu yang memiliki balita.

Baca juga:  Perusahaan Pupuk dan Pestisida di Demak Modifikasi Bus Jadi Ruang Vaksinasi

“Kita bersyukur, karena hasil monitoring dan evaluasi (monev) aplikasi New Siga di Kecamatan bonang telah terlaksana dan berjalan dengan baik,”ujar Kamal. (hib/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya