alexametrics

Dinpermades Monitoring dan Evaluasi Layanan KB di BPKB Bonang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DemakDinpermades P2KB Pemkab Demak melalui
Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan (P2PP), melakukan monitoring dan evaluasi aplikasi New Siga di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB), Kecamatan Bonang.

Kegiatan monev dilaksanakan langsung oleh Kabid P2PP Sukardjo, SKM, MKes, didampingi Sub Koordinator Dalduk dan Iga Drs. Adi Susanto, MH dan Sub Koordinator Advokasi, KIE dan Penggerakan Drs Ahlam Kamal, MM.

Suakardjo mengatakan, kegiatan Monitoring ini bertujuan untuk mengecek data yang telah diinput pada aplikasi New Siga setiap bulannya oleh penyuluh keluarga berencana (PKB) atau penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB) serta mitra kerja di Kecamatan Bonang.

Berdasarkan hasil monev dapat dilihat bahwa data yang sudah terinput adalah pengisian K0, kegiatan SDM pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD), mutasi alokon dan pelayanan KB.

Baca juga:  Bupati Doakan Calhaj Demak Raih Haji Mabrur

Untuk kegiatan PPKBD yang baru terinput hanya kegiatan rakor, dan diharapkan kegiatan- kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) yang telah dilaksanakan oleh PPKBD dalam kegiatan Posyandu dapat terinput di New Siga.

“Dimana kegiatan tersebut juga merupakan salah satu dari kegiatan dari tim pendamping keluarga,”katanya. Untuk data mutasi alokon serta pelayanan KB yang dilakukan oleh mitra kerja sampai dengan bulan Februari, kata Sukardjo, belum semuanya terinput dikarenakan adanya kendala aplikasi.

Yaitu, proses loading yang lama saat penginputan data pelayanan KB, keterbatasan SDM dan banyaknya data akseptor serta kesulitan dalam memperoleh data akseptor yang lengkap.

Menurut Sukardjo, kegiatan selanjutnya yaitu cara perubahan status anggota keluarga (menikah atau meninggal atau pindah), pemanfaatan aplikasi New Siga untuk mengetahui data pasangan usia subur (PUS), unmet need dan peserta KB aktif.

Baca juga:  Turnamen Bola Voli Pelajar SLTA Piala Ketua DPRD Cetak Para Juara

Dengan demikian, dapat dijadikan acuan oleh PKB saat melakukan pembinaan pada PPKBD dan sub PPKBD, utamanya dalam pembuatan R/I/PUS dan pendampingan bagi PUS yang belum mengikuti KB di masing masing desa binaan. (hib/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya