alexametrics

Wagub Taj Yasin Lantik Pengurus Santri Gayeng Nusantara Empat Kabupaten

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak
Masih maraknya praktik politik identitas di tanah air dinilai rawan memecah belah elemen bangsa. Karena itu, politik pecah belah seperti itu hendaknya dihindari agar kerukunan tetap terjaga.  Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, H Taj Yasin Maimoen di sela pelantikan pengurus Santri Gayeng Nusantara (SGN) empat kabupaten  (Demak, Jepara, Kudus dan Pati) periode 2021-2026 di Pendopo Kabupaten Demak.

Wagub yang juga menjabat sebagai panglima SGN tersebut menyampaikan, para santri dapat berperan aktif dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari potensi perpecahan yang terjadi akibat beragam perbedaan.

“Perlu saya tekankan disini, bahwa perbedaan merupakan rahmat. Maka, santri harus bisa menyatukan partikel partikel golongan berbeda yang ada di masyarakat itu. Kita prihatin karena politik identitas masih banyak dilakukan pihak pihak tidak bertanggungjawab  sehingga rawan terjadi perpecahan,”ujarnya.

Baca juga:  Aniaya Teman dan Tak Bayar Karaoke, Dua Pemuda Dibekuk Polres Demak

Menurutnya, selain menjaga keutuhan NKRI, SGN sendiri didirikan sebagai upaya membantu dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan kemaslahatan masyarakat Indonesia. “SGN mendorong pemerintah untuk berkomitmen membangun kemaslahatan umat diberbagai bidang, baik kesehatan, ekonomi dan lainnya,”katanya.

Ketua SGN Kabupaten Demak, Agus Ahmad Hanif menyampaikan, pelantikan pengurus SGN empat kabupaten tersebut disemarakkan dengan berbagai kegiatan tambahan. Antara lain, bakti sosial (baksos) borong warung di sekitar Masjid Agung Demak. Kemudian, kegiatan wakaf Alquran untuk masjid, donor darah, pasar murah di halaman Ponpes Al Islah Sempalwadak asuhan Gus Aly Masyhar dan lainnya. “Untuk donor darah kita kerjasama dengan RSI NU dan PMI Demak,”katanya.

Baca juga:  Pemprov Jateng Kembangkan Program Satu OPD Satu Desa Dampingan

Ketua SGN Provinsi Jateng, Kiai Hamzah menambahkan, terbentuknya SGN tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa. “Kita apresiasi pelantikan ini sebagai wujud terbentuknya kepengurusan di empat kabupaten. Yaitu, Demak, Jepara, Kudus dan Pati,”katanya.

Bupati Demak, dr Eistianah mengatakan,  SGN dapat bekerjasama secara aktif dengan Pemkab Demak dalam berbagai kegiatan. Dengan demikian, ada kontribusi positif dalam pembangunan sebagaimana misi utama dari SGN. “KIta berharap, SGN bisa kerjasama dengan Pemkab Demak dalam pembangunan daerah,”katanya. (hib/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya