alexametrics

Zakat ASN Tembus Rp 4, 7 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Potensi zakat dari unsur aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Demak cukup besar. Tercatat zakat ASN yang dikoordinir dan dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tembus Rp 4, 7 miliar di tahun 2021.

Ketua Baznas Demak Bambang Soesetiarto mengatakan, himbauan dan sosialisasi zakat kepada ASN terus dilakukan. Ini sekaligus menindaklanjuti surat edaran bupati yang ditujukan untuk seluruh pegawai pemerintah yang ada di berbagai level, mulai dari desa, kecamatan hingga organisasi perangkat daerah (OPD) dan lembaga pendidikan.

“Kita sosialisasi ke beberapa instansi, baik sekolah maupun puskesmas. Dari pelaksanaan sosialisasi ini, sebagian besar ASN selalu siap untuk melaksanakan himbauan bupati terkait zakat sebesar 2,5 persen tersebut,” katanya disela sosialisasi di Pendopo kabupaten kemarin.

Baca juga:  Baznas Perketat Penerima Bantuan

Ia menambahkan, hanya sebagian kecil yang belum dapat melaksanakan himbauan zakat. Tiap ASN silahkan tunaikan zakatnya melalui Baznas ini. “Apalagi, Baznas sudah diaudit dan dapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP),” ujarnya.

Bupati Demak, dr Eistianah menyampaikan kegembiraannya terkait pelaksanaan zakat ASN tersebut. “Angka Rp 4,7 miliar dari zakat ini luar biasa. Kita minta ASN tidak keberatan dengan zakat ini. Kami hanya bisa menghimbau saja dan berharap ada kesadaran dari diri kita sendiri. Karena itu, ini bukan memaksa,” katanya.

Bupati menghimbau supaya zakat disalurkan lewat Baznas. Dengan demikian, pendistribusiannya bisa sesuai dengan asnaf delapan atau mereka yang tergolong atau berhak menerima zakat tersebut. (hib/fth)

Baca juga:  Sah, PPP Bersandar ke Eisti-Jos

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya