alexametrics

Warga Dukuh Mondoliko Bakal Direlokasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Pemkab Demak berencana merelokasi warga Dukuh Mondoliko, Desa Bedono, Kecamatan Sayung . Langkah ini sebagai upaya terbaik dalam mengatasi dampak rob dan abrasi yang melanda kampung pesisir utara tersebut.

Bupati Demak, dr Eistianah mengatakan rencana relokasi warga kena bencana rob di Mondoliko saat ini masih menunggu pencairan anggaran. Masih dicarikan tanah atau lahan untuk penempatan relokasi.

“Memang ada tawaran dari pemerintah pusat bagaimana jika warga di Mondoliko ini direlokasi. Sebab, itu bagian dari solusi. Apalagi, ini sudah dianggarkan pada 2022. Kita usahakan juga, program program lain yang bisa terealisasi dengan cepat,”katanya.

Ia menambahkan, tahun ini telah dianggarkan untuk tanahnya lebih dulu. sedangkan, untuk rumah warga yang mau direlokasi akan dicarikan bantuan ke pemerintah pusat.

Baca juga:  Pembagian Rapor Siswa Dibagi Dua Sif 

“Program bantuan rumah untuk warga korban rob dari pusat saya kira banyak sekali, termasuk untuk mengcover warga Mondoliko,” tambahnya.

Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet (FBS) menegaskan, tanpa adanya bantuan pemerintah pusat, Pemkab Demak tidak mampu mengatasi masalah rob yang sudah bertahun tahun melanda pesisir Demak tersebut.

“Penanganan tidak bisa dibebankan pada APBD Demak saja. Tidak mencukupi. Karena itu, pemerintah pusat wajib membantu kami yang di daerah,”katanya.

Upaya penyelamatan pesisir Demak oleh pemerintah pusat mestinya menjadi prioritas. Sebab, luasan dampak rob dan abrasi makin sulit diatasi. “Kita pernah datang ke Mondoliko untuk mencoba serap aspirasi warga terdampak rob dan abrasi secara langsung,”ujarnya.

Baca juga:  Girder Jalan Utama Tol Titik Sayung segera Dipasang

Slamet berkomitmen untuk mencarikan solusi terbaik sesuai harapan masyarakat setempat. “Kita tawarkan, jika masyarakat berkenan untuk direlokasi, maka akan kita laksanakan relokasi sesuai prosedur yang ada,” tambahnya. (hib/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya