alexametrics

183 Desa Gelar Pilkades Serentak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Pemkab Demak melalui Dinpermades P2KB sedang mempersiapkan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Setidaknya 183 desa di 14 kecamatan Demak bakal menggelar pilkades tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinpermades P2KB) Demak Daryanto melalui Bidang Pemerintahan Desa Edy Purwanto mengatakan sedang menyusun tahapan pilkades serentak. Karena banyaknya yang menggelar tentu membutuhkan persiapan matang. “Yang jelas, desa desa yang ikut pilkades serentak ini adalah desa yang akhir masa jabatan (AMJ) kadesnya 1 November 2022,” katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pilkades dijalankan sebelum AMJ tersebut. Langkah tersebut sebagai upaya agar pilkades berjalan lancar. “Kita susun dulu tahapannya,”ujarnya.

Baca juga:  HIV AIDS Masih Mengancam

Jika melihat AMJ tersebut, maka pelaksanaan diperkirakan akan berlangsung antara September atau Oktober mendatang. Untuk desa desa selain yang ikut serentak tersebut, sedianya digelar sesuai AMJ yang ada. Untuk 53 desa pilkades akan digelar pada 2023 dan 6 desa lainnya pada 2025.

“Desa desa yang tidak ikut pelaksanaan pilkades serentak karena ada faktor lain seperti kades meninggal dan faktor lain sehingga harus ada pergantian antar waktu (PAW),” tambahnya. (hib/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya