alexametrics

Meriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK, BPKB Kecamatan Gajah Gelar Safari Pelayanan KB MKJP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Gajah menggelar safari pelayanan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK di wilayah tersebut. Dalam menyemarakkan acara ini, BPKB Gajah bekerjasama dengan tim medis Puskesmas Gajah 1 dan Puskesmas Gajah 2.

Adapun, pelayanan KB MKJP ini fokus pada pelayanan KB dengan alat kontrasepsi implant dan IUD. Kepala Dinpermades P2KB Pemkab Demak, Daryanto melalui Kabid P2PP, Sukardjo, SKM, M.Kes mengatakan, pelayanan KB tersebut memberikan makna yang baik karena masih dalam situasi pandemic Covid-19 dengan PPKM level 1. “Ini kita nilai penting karena dapat mencegah dropout dari peserta KB aktif serta menjaring peserta KB baru,”katanya.

Baca juga:  Ini Jalur Alternatif Agar Tak Terjebak Macet di Pantura Demak

Adapun, peserta KB yang hadir dalam pelayanan KB di Puskesmas Gajah 1 dan Puskesmas Gajah 2 total mencapai 24 akseptor. Terdiri dari, ganti cara dari suntik ke implant 4 orang. Kemudian, implant baru 2 orang, IUD baru 1 orang serta bongkar pasang implant 14 orang dan bongkar implant 3 orang.

“Dengan adanya layanan KB MKJP ini, diharapkan tingkat kelahiran dapat terkontrol dengan baik,”katanya. Dalam layanan KB ini, BPKB Gajah juga memberikan fasilitas antar jemput calon akseptor KB ke rumah masing masing. Karena itu, kata dia, saat pandemic ini, akseptor diberikan kemudahan untuk ber-KB.

Mereka juga diberikan pemahaman, bahwa pandemic bukan menjadi faktor penyebab melonjaknya angka kehamilan akibat minimnya akses pelayanan KB kepada calon akseptor. “Pelayanan KB ini dilakukan sebagai terobosan dalam mengatasi PPKM Covid-19,”katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Warga yang Bepergian Lintas Daerah Wajib Tunjukkan Surat dari Kades

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya