alexametrics

Kasus Infeksi Menular Seksual di Demak Naik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Kasus infeksi menular seksual (IMS) di wilayah Kabupaten Demak cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Bahkan, kini telah banyak remaja yang terkena IMS tersebut akibat pergaulan (seks) bebas.

Seperti, penyakit kelamin sipilis, raja singa dan IMS lainnya, termasuk terjangkit HIV/AIDS. Hal ini mengemuka dalam sosialisasi mengenal IMS di kalangan remaja yang berlangsung di Aula RSUD Sunan Kalijaga Demak kemarin. Sosialisasi IMS ini menghadirkan narasumber dr Ida Setyowati selaku dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin.

Humas RSUD, Kusmanto menyampaikan, dalam acara itu, para pemuda dari kalangan Karangtaruna se Demak diberikan sosialisasi agar bisa menjadi penyampai pesan untuk keluarga, tetangga dan warga sekitar agar mewaspadai bahaya IMS yang makin meningkat dikalangan remaja, termasuk pelajar SMP/SMA.

Baca juga:  Baznas Distribusikan 260 Paket Sembako untuk Korban Rob di Pesisir Sayung dan Bonang

“RSUD sendiri menangani berbagai macam jenis IMS tersebut, termasuk pelayanan obat bagi penderita HIV/AIDS. Ada sekitar 100 orang yang kita layani rutin perbulan,”ujarnya. Para penderita HIV/AIDS memang harus meminum obat seumur hidup.

Tren makin banyaknya yang kena penyakit kelamin maupun HIV/AIDS dikalangan remaja lantaran mereka terjebak dalam kelompok pergaulan bebas. Misalnya, masuk dalam jaringan lelaki suka lelaki (LSL). “Anak lulus SMP SMA banyak yang kena,”kata Kusmanto.

Menghadapi kenyataan itupula, RSUD terus berupaya melakukan pencegahan. Diantaranya, dengan sosialisasi IMS tersebut. ”Kita juga kenalkan layanan kesehatan dengan pakai online,”katanya. Menurutnya, dengan layanan aplikasi, masyarakat dapat secepatnya berkonsultasi maupun perawatan di RSUD secara cepat dan mudah.

Baca juga:  Musim Hujan, BPBD Ingatkan Ancaman Bencana Alam

Kusmanto menambahkan, layanan kasus IMS dengan VCT dijadikan satu dengan klinik penyakit dalam. “Pasien yang mengalami gejala IMS, bisa dideteksi dua bulan setelah melakukan kontak. Untuk layanan konsultasi maupun cek kesehatan gartis,”katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya