alexametrics

Kader Keluarga Berencana Undaan Lor Dilatih Membuat Berbagai Produk Makanan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Langkah strategis dilakukan Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Karanganyar. Selain melakukan penyuluhan KB, para kader keluarga berencana juga dilatih bagaimana bisa lebih kreatif dalam membuat produk makanan yang bersifat ekonomis.

Koordinator BPKB Kecamatan Karanganyar, Muji Astuti menyampaikan, pelatihan memasak bagi kader KB dapat memberikan harapan baru terkait dengan penambahan pendapatan ekonomi keluarga, utamanya jika dikaitkan dengan usaha ekonomi produktif atau usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).

“Kita bekali keterampilan berupa cara membuat cipiran yang menggunakan berbagai bahan dasar tepung beras ketan, termasuk telur, santan, gula, garam, bawang putih maupun daun jeruk,” katanya. Adapun, alat pembuatan antara lain berupa cetakan cipiran, wajan, kompor, solet masak dan gunting.

Baca juga:  Dinkes-UMM Advokasi Perda KTR

Bahan bahan dasar itu, kata Muji Astuti, kemudian dicampur sedemikian rupa dan diaduk hingga rata sampai seperti adonan. Adonan itu lalu dimasukkan ke dalam cetakan lalu digoreng di wajan dengan ukuran api yang kecil. Setelah digoreng sampai muncul warna kecoklatan.

“Pelatihan pembuatan cipiran ini sangat bermanfaat bagi kader kelompok kerja (pokja) sehingga bisa menjadi alternative dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga melalui UPPKA di Kampung KB Desa Undaan Lor ini,”ujarnya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya