alexametrics

Siapkan Sarana, Pemkab Demak Bentuk Posko Siaga Bencana dengan Prokes Ketat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pemkab Demak mulai menyiapkan sarpras penanggulangan bencana. Termasuk personelnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga bersiap membentuk posko siaga bencana dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Bupati Eistianah menegaskan, dalam mengantisipasi bencana ini haruslah tetap berpedoman pada prokes. “Karena itu, saya tidak ingin pandemi yang sudah melandai ini kembali meningkat lantaran kluster baru,” ujar bupati di sela apel siaga bencana di Alun Alun Kota Demak kemarin.

Dalam apel siaga ini, bupati yang didampingi Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono dan Kepala pelaksana BPBD Agus Nugroho LP. Usai apel, bupati dan jajarannya meninjau sarana prasarana yang ada, termasuk kesiapan, perahu karet untuk evaluasi, mesin pemotong pohon,  mobil ambulans dari tiap puskesmas dan rumah sakit serta lainnya.

Baca juga:  Perampok Swalayan Berpistol Ditembak

“Selain prokes, yang penting lagi adalah lebih sering mengadakan pelatihan kesiapsiagaan bencana sesuai situasi, kondisi dan potensi ancaman yang ada,” katanya.  Dengan demikian, ketika ada bencana datang, risikonya dapat ditekan seminimal mungkin.

BPBD sebagai ujung tombak dalam penanganan bencana tersebut, kata bupati, harus menyiapkan betul alat kelengkapan untuk pemulihan bencana. Seperti, alat berat, kendaraan maupun logistiknya. “Koordinasi lintas sektor juga diperlukan,” ujar bupati. (hib/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya