alexametrics

Perluas Kota dengan Konsep Green City

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak terus berupaya menata dan memperluas mempercantik pembangunan. Muncul berbagai konsep yang ditawarkan dalam Sayembara lomba desain perluasan Kota Demak.

Diantaranya pentingnya perluasan Demak berbasiskan kota layak huni atau green city berpadu konsep smart city. Selain itu muncul gagasan membuat Demak sebagai kota festival berbudaya Islam.

Dengan tingkat keramaian yang padat, sarana prasarana infrastruktur di Demak juga makin lengkap. Termasuk dilalui jalan tol Semarang-Demak. Dalam perluasan Kota Demak terungkap tentang anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 4,5 triliun.

“Sayembara lomba desain perluasan Kota Demak ini untuk mencari masukan dan konsep yang menarik ke depan,” kata Kepala Bappeda dan Litbang Pemkab Demak Suhasbukit.

Ia menambahkan, enam peserta sayembara diundang khusus di ruang Bina Praja. Mereka diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil karyanya yang ikut dilombakan dalam sayembara yang digelar Bappeda dan Litbang Pemkab Demak.

“Sebenarnya peserta tak hanya dari Indonesia, tapi ada arsitek dari luar negeri,” tambahnya.

Ketua panitia sayembara Aziz mengatakan penilaian menyoroti ide atau gagasan kreatif dari hasil karya. Termasuk, dari sisi budaya masyarakat, penataan lingkungan, kondisi geografis dan lainnya.

“Fokusnya ke arah pemanfaatan desain itu sendiri untuk perluasan Kota Demak,” tambahnya.

Dalam sayembara tim Plot+Design asal Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan desain Demak Bhumi Adhyatma meraih juara 1. Dalam pemasarannya mereka meyakinkan tim juri dengan Desain Pengembangan Kawasan Perkotaan Kabupaten Demak dengan konsep smart city.

Tim Shirvano Consulting (PT KLP) dari Jogjakarta dengan desain First and Future Bumi Glagah Wangi Juara 2 dan Archiplan GMU asal Sleman Jogjakarta dengan tema desain Kutawaru Budaya Gama juara 3. Pemenang 4 Bintara dari Wonosobo dengan mengenalkan tema desain Demak Nusa Wali.

Pemenang 5 Syamsul Ma’arif dari Bonang Demak dengan Demak Smart City Berbasis Local Wisdom. Dan pemenang 6 diraih tim Teknik PWK Undip Semarang dengan tema desain Demak Beramal. Juara 1 dapat hadiah Rp 100 juta. juara 2 dapat Rp 75 juta dan juara 3 dapat Rp 50 juta.

Bupati Demak Eistianah menyambut gembira banyaknya peserta sayembara yang ikut serta. “Dari banyaknya peserta ini tentu mereka tidak semata ingin hadiahnya saja. Tapi, rasa cintanya mereka pada pengembangan Kota Demak tercinta ini,” tambahnya didampingi Sekda dr Singgih Setyono. (hib/fth)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya