alexametrics

Pemkab Demak Canangkan Budaya Kerja ASN Berakhlak, Ubah Mentalitas Birokrasi 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pemkab Demak melaunching atau mencanangkan core values budaya kerja aparatur sipil Negara (ASN) berakhlak dan employer branding bangga melayani bangsa. Ini merupakan tindak lanjut dari instruksi pemerintah pusat atau surat edaran dari Kementerian PAN RB Nomor 20 Tahun 2021 tentang implementasi core values itu dalam memperbaiki budaya kerja ASN secara nasional. Ditargetkan, pada 2024, kinerja ASN sudah berstandar internasional.

Pencanangan yang dilakukan Bupati Demak dr Eistianah ini ditandai dengan penyerahan logo ASN berakhlak yang sedianya dipasang di semua organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Demak. Selain itu, untuk pelaksanaan budaya kerja itu, semua kepala OPD juga menandatangani MoU bersama. Penandatanganan itu diperlukan sebagai upaya merubah mentalitas birokrasi yang minta dilayani menjadi pelayan masyarakat.

Baca juga:  Safari Layanan KB Semarakkan Hari Kontrasepsi Sedunia di Kecamatan Gajah

Kabag Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg), Tri Edy Utomo menyampaikan, core values tersebut akan disosialisasikan ke semua unit kerja OPD. “Core values ber -Akhlak ini merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyak, adaptif, dan kolaboratif,”katanya. Dengan demikian, sebagai ASN, selain bekerja secara jujur dan berintegritas tinggi, juga menjadi pelayan masyarakat yang sesungguhnya. Karena itu, tidak ada istilah lagi, pejabat birokrasi dilayani oleh masyarakat.

Menurutnya, pengembangan budaya kerja di Pemkab Demak sebelumnya telah dilakukan sejak 2009. Kemudian, disosialisasikan, diinternalisasi, dan diinstitusionalkan atau dilembagakan. “Sedangkan, monitoring dan evaluasi dilakukan pada 2011. Setelah itu, dilakukan gelar budaya kerja sejak 2013 hingga 2020,”katanya. Karena itu, kata Tri Edi, budaya kerja telah terpatri dalam sanubari ASN Pemkab Demak sudah lama dan kini tinggal melaksanakan core values terbaru tersebut.

Baca juga:  Batik Tenun Khas Tedunan Makin Dikenal

Bupati Demak, dr Eistianah menyampaikan, ASN semua merupakan pelayanan masyarakat. “Tidak seperti zaman colonial pejabat yang minta dilayani. Dulu, yang penting digaji. Sekarang tidak bisa karena semua berbasis layanan pada masyarakat,”katanya.Bupati pun meminta ASN untuk menguatkan budaya kerja tersebut sehingga bisa mencapai strategi layanan kelas dunia. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya