alexametrics

Semprot Pupuk Cair dengan Drone

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Sejumlah petani di Demak bakal memanfaatkan teknologi pertanian. Salah satunya dengan menggunakan drone untuk menyemprot tanaman padi yang dilakukan di Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam.

Penyemprotan dengan pupuk organik cair bersubsidi buatan PT Pupuk Indonesia tersebut menjadi alternatif bagi petani . Biasanya, petani menggunakan tenaga konvensional dalam pemupukan tanaman.

Vice President Penjualan Wilayah Jateng-DI Jogjakarta PT Pupuk Indonesia Rizki Candra Sakti mengatakan, penyemprotan pupuk organik cair dengan drone merupakan terobosan di sektor pertanian. Upaya ini untuk mempermudah perawatan tanaman padi dan lainnya. Demak sebagai daerah penyangga pangan Jateng.

“Karena itu, model penyemprotan ini merupakan bagian dari upaya mendukung sektor pertanian di Demak. sebab, pertanian menjadi tulang punggung masyarakat,”katanya saat uji coba penyemprotan pupuk cair dengan drone.

Baca juga:  Gairahkan Ekonomi dengan Berwirausaha

Ia menambahkan tahun 2021 alokasi pupuk nasional mengalami kenaikan. Dengan adanya pupuk cair bersubsidi dari pemerintah ini tentu akan meringankan beban petani. “Selain itu, menjaga ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Kasi Pupuk dan Alat Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Demak Sri Sulistyowati menambahkan, pupuk cair organik adalah hal baru yang belum dikenal petani. “Karena itu, uji coba penggunaan pupuk cair dengan drone ini patut kita sambut dengan gembira,”katanya.

Untuk merawat lahan pertanian sekarang dinilai makin sulit lantaran banyak petani yang sudah menua.  Selain itu, makin berkurangnya anak muda yang bertani.  Adanya drone ini menjadi terobosan yang dapat diandalkan di tengah sulitnya mendapatkan tenaga konvensional. “Tekhnologi pertanian semakin maju jadi bisa digunakan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” tambahnya. (hib/fth)

Baca juga:  Antar Obat ke Rumah Pasien, Siapkan Petugas Khusus

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya