alexametrics

Dinpermades Tekankan Pentingnya Pembuatan Rumah Data di Kampung KB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Bonang melakukan penguatan terhadap Kampung KB Intan Azzura di Desa Serangan, Kecamatan Bonang. Giat ini difasilitasi dalam pertemuan kelompok kerja (pokja) Kampung KB di Balai Desa Serangan.

Kabid KB dan KKS Dinpermades P2KB, Maftukhah Kurniawati menyampaikan, penguatan pokja Kampung KB melalui bantuan operasional keluarga berencana (BOKB) tersebut diperlukan agar kampung KB dapat berkerasi dalam kegiatan yang dilakukan. “Kita berharap, langkah tepat dalam pemguatan ini bisa dilakukan dengan baik,”katanya.

Menurutnya, Kampung KB harus proaktif mengajak dan meminta pengurus pokja kampung KB dalam menggali potensi desa untuk keberlanjutan program yang ada. “Kita juga mendorong peningkatan kepesertaan KB MKJP. Dengan demikian, semangat inovasi diperlukan dalam pengembangan kampung KB ini, termasuk dalam pembuatan website kampung KB,”kata dia.

Baca juga:  Restu Ibu dan Dukungan Penuh Keluarga untuk Gus Bad

Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Bonang, Tri Larasati menambahkan, giat di Kampung KB yang terpenting adalah soal penguatan pada intervensi data, verifikasi dan analisis data. Sebab, data data bisa diperoleh di mana saja, termasuk di rumah data. Sumber data bisa berasal dari kader KB yang dianggap mengetahui kondisi lapangan.

“Keberadaan rumah data sebagai pusat data diperlukan,”katanya. Karena itu, perlu rencana kegiatan poktan dalam rangka pengemasan dan pemasaran krupuk lento, pengelolaan limbah anorganik dan pembinaan tribina. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya