alexametrics

Tumbuhkan Ekonomi dengan Zakat Produktif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung Jawa Tengah (Lazisma Jateng) berikhtiar menumbuhkan ekonomi melalui suntikan dana zakat produktif secara bergulir.

Sebab, hampir dua tahun pandemi Covid 19 telah melumpuhkan perekonomian warga termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bantuan diberikan kepada warga sekitar Masjid Baitul Muttaqin Desa Kembangan, Kecamatan Bonang. Selain itu anak muda yang mengembangkan usahanya yang rata-rata seperti toko sembako, ponsel dan usaha kecil lainnya. Masing masing menerima Rp 1,5 Juta.

Ketua Lazisma Jateng Dr H Wahab Zaenuri  mengaku sudah menggulirkan dana zakat produktif untuk membina 127 pelaku usaha kecil berbasis masjid di Semarang dan sekitarnya.

Baca juga:  Sudah Gelontor 121 Tangki Air Bersih

“Suntikan dana bergulir untuk merubah mustahik menjadi muzakki. Jadi, bantuan ini sifatnya produktif dan bukan konsumtif,” katanya.

Penerima akan mengembalikan dana pada saatnya nanti. Setelah itu, akan disalurkan lagi kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan demikian, diharapkan ekonomi warga dapat bangit lagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

Langkah ini supaya ada proses peningkatan ekonomi. “Kami dampingi para penerima ini agar berhasil dalam usahanya. Usaha lain bisa berupa peternakan, perikanan dan lainnya sesuai potensi yang dikembangkan,” tambahnya.

Ketua Takmir Masjid Baitul Muttaqin Desa Kembangan Mushonnifin mengaku gembira dengan kepedulian Lazisma Jateng tersebut. “Kita harapkan ekonomi warga sekitar masjid ini bisa berkembang terus setelah terkena dampak pandemi Covid-19 ini,” tambahnya. (hib/fth)

Baca juga:  Korsleting Dominasi Penyebab Kebakaran  

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya