alexametrics

Dinpermades P2KB Lakukan Evaluasi PPKBD di Kecamatan Demak Kota

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Dinpermades P2KB Pemkab Demak melalui tim Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Demak Kota bersama Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) melakukan evaluasi terkait capaian kinerja PPKBD terkait.
Kegiatan evaluasi yang berlangsung di Balai Penyuluh KB (BPKB) Kecamatan Demak Kota tersebut dilakukan untuk kepentingan penilaian selama trimester atau tiga bulan terakhir pada 2021.
Kepala Dinpermades P2KB Daryanto melalui Kabid P2PP, Sukardjo, SKM, M.Kes menyampaikan, setidaknya terdapat sejumlah pokok bahasan yang didiskusikan dalam kegiatan evaluasi tersebut. Diantaranya,  terkait dengan capaian peserta KB baru terhadap perkiraan permintaan masyarakat (PPM) pada 2021.
Berdasarkan paparan tim penyuluh KB, hingga bulan September 2021, rata rata capaian di Kecamatan Demak Kota pada angka 48,3 pesren dari target PPM. Karena itu, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di bulan yang sama sebesar 34,1 persen menandakan adanya peningkatan capaian.
“Sedangkan, untuk kategori KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) telah menembus target PPM dengan capaian angka 190,32 persen. Sedangkan, pada 2020 berada pada angka 110,47 persen,”ujarnya.
Hal lain yang dievaluasi adalah tentang rencana pelaksanaan safari KB dalam rangka Hari Kontrasepsi se dunia, termasuk Hari Vasektomi, HUT TNI dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang diselenggarakan bulan Oktober atau November.
“Dengan rentang waktu yang cukup panjang, PPKBD dapat mulai mendata dan menjaring calon akseptor  yang akan dikirimkan,”katanya. Sukardjo menambahkan, topik terakhir yang dibahas adalah soal teknis pelaksanaan pemutakhiran data oleh kader. (hib/bas)
Baca juga:  Demak Butuh Hotel Bintang Empat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya