alexametrics

Genjot Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Be Smart Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam menggalakkan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tata rias pengantin ala Solo.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) dan lembaga lainnya ini membekali peserta melalui kursus dan pelatihan berbasis attitude atau karakter, kognitif dan skill atau keahlian.

Ketua PKBM Be Smart, Misbakhul Munir mengatakan, bekal keterampilan dinilai penting untuk memajukan pendidikan keahlian bagi masyarakat dalam wirausaha mandiri. Mereka dididik selama 33 hari sejak awal September 2021 lalu. “Keahlian tata rias seperti ini setidaknya dapat memotivasi serta pendampingan terkait dengan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah UMKM),” ujarnya.

Baca juga:  Segera Pasang 12 Bentangan Jembatan Beton Tol di Atas Jalan Raya Pantura Sayung

Menurutnya, indikator keberhasilan PKW tersebut setidaknya 90 persen bisa dilihat dari sisi penyelesaian program hingga tuntas. Selain itu, minimal 60 persen dapat merintis usaha mandiri dalam jangka waktu setahun setelah ikut program PKW. Dalam pembelajaran ini, peserta dievaluasi dalam ujian tertulis, dan praktik.

Berdasarkan penilaian kegiatan ini, ternyata 100 persen peserta didik telah tuntas ikut PKW dan 90 persen telah mulai merintis usaha serta memiliki order atau job pekerjaan.  “Tercatat, ada 25 peserta yang ikut pendidikan vokasi tata rias pengantin ini. Rata-rata mereka berusia maksimal 25 tahun,”kata Munir. (hib/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya