alexametrics

Kampung KB Desa Bogosari Kembangkan Layanan Bank Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pengembangan kreativitas terus digenjot di Kampung KB, termasuk di Desa Bogosari, Kecamatan Guntur. Di kampung KB tersebut kini dikembangkan pengembangan bank sampah. Hal ini mengemuka dalam pertemuan kelompok kerja (pokja) Kampung KB Kecamatan Guntur.

Kepala Desa Bogosari, Muhamad Makruf menyampaikan, dibuatnya bank sampah dimaksudkan untuk mengajak warga Desa Bogosari agar memiliki komitmen menciptakan kampung KB untuk lebih bersih lingkungannya. Dengan demikian, lingkungan lebih nyaman, asri dan bebas dari sampah.

“Tentu, ini membutuhkan kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk memulai berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, banyak manfaat yang dipetik dari kegiatan bank sampah ini,”katanya. Menurutnya, adanya bank sampah antara lain dapat meningkatkan kreatifitas warga dengan mengubah sampah menjadi barang yang ekonomis dan berharga.

Selain itu, bank sampah dapat menambah pendapatan asli desa (PAD) Bogosari dan menjadikan lingkungan bersih. “Kita harapkan, masyarakat lebih peka terhadap kebersihan lingkungannya,”ujar Makruf.

Maftukhah dari Dinpermades P2KB mengatakan, pokja Kampung KB memiliki tujuan yang jelas. Karena itu, harus ada rencana tindak lanjut (RTL) dari kegiatan yang digelar tersebut. menurutnya, tiap saksi harus menjalankan tugasnya dengan baik serta dicatat agar tertib administrasi. Kegiatan juga bisa diupload di website Kampung KB. (hib/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya