alexametrics

Dinpermades P2KB Gelar Orientasi Lini Lapangan Tentang RDK di Desa Waru Mranggen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) Pemkab Demak melalui Badan Penyuluh KB (BPKB) Kecamatan Mranggen menggelar orientasi lini lapangan (OLL) di Desa Waru, Kecamatan Mranggen.

Acara yang ditempatkan di rumah kepala desa (kades) setempat ini menghadirkan pengurus rumah data kependudukan dan sub pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) Desa Waru dan Sekretaris Desa Waru, Karnadi.

Koordinator Balai Penyuluh KB (BPKB) Kecamatan Mranggen, Virdian Tri S mengatakan, rumah data kependudukan (RDK) sebagai kelompok kegiatan diminta memiliki landasan hukum, berupa surat keputusan (SK) RDK yang disahkan oleh kades setempat. Sedangkan, data yang dikumpulkan dan ditampilkan dalam data base adalah data kependudukan. Berupa, data jenis kelamin penduduk, baik laki laki maupun perempuan.

Kemudian, data mutasi, data kelompok umur, mata pencaharian, data pendidikan, kesehatan, data KB maupun data capaian vaksinasi yang dihimpun secara lintas sektoral. Melalui, puskesmas, Badan Pusat Statistik (BPS), BP Pertanian, KUA, Disdukcapil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, maupun data terakhir seperti data keluarga sensus 2021 dan SDGS (Sustainable development goals).

“Dalam kegiatan ini, kader RDK membuat grafik dan menampilkan data di data dinding RDK,”kata Virdian. Dengan adanya data RDK, maka Kampung KB Desa Waru akan lebih mudah melacak data layanan KB secara lintas sektoral. Selain itu, masyarakat juga dapat melihat kondisi maupun potensi yang ada di Kampung KB desa setempat. (hib/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya