alexametrics

502 TPQ Siap Akreditasi

Artikel Lain

RADARSREMARANG.ID, Demak – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Alquran (Badko LPQ) telah menyiapkan akreditasi bagi lembaga pendidikan yang dinaungi, termasuk di antaranya Taman Pendidikan Alquran (TPQ).

Di Kabupaten Demak tercatat ada 502 TPQ. Dari jumlah TPQ tersebut, secara operasional dibantu 4.670 ustadz-ustadzah dengan jumlah murid sebanyak 49.565 orang.

Ketua Badko LPQ Kabupaten Demak Taufik Rifai mengatakan, akreditasi dinilai penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ dan lembaga pendidikan lainnya. Karena itu, untuk keperluan akreditasi ini, pihak yang terkait diikutkan dalam bimbingan teknis (bimtek) yang dikemas dalam bentuk training of trainer (TOT) akreditasi Badko LPQ.

“Untuk pembekalan akreditasi ini, kita latih para ketua Badko LPQ tingkat kecamatan sebanyak 30 orang dan asesor 7 orang,” ujarnya Selasa (26/10). Bimtek yang dilaksanakan tersebut diantaranya untuk memperbaiki kualitas administrasi maupun kurikulum lembaga pendidikan terkait.

Baca juga:  PKB Perkuat Pemkab Wujudkan Ketersediaan Faskes di Pesantren

Taufik menambahkan, meski ada penilaian dalam akreditasi, ini namun hal itu tidak seketat akreditasi yang diterapkan di lembaga pendidikan formal. “Setidaknya, akreditasi yang dilakukan Badko LPQ ini bisa memperbaiki salah satu persyaratan izin operasional lembaga pendidikan yang ada,” kata Taufik yang juga menjabat sekretaris DPRD Demak ini.

Badko LPQ tidak hanya membawahi TPQ. Namun, ada pula lembaga lain. Seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Alquran atauTaman Kanak-kanak Alquran (TKA/TKQ) untuk anak usia 4 sampai 6 tahun.

Kemudian, lembaga pendidikan Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA) untuk usia 12 hingga 15 tahun serta Raudlat al Tarbiyat Alquran (RTQ) untuk para tahfidz. (hib/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya