alexametrics

Potensi Garam Demak Melimpah, Butuh Dukungan Koperasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Potensi garam di Demak cukup melimpah. Ada 1.834 hektare lahan yang menghasilkan 37 ribu ton garam tiap tahun.

Sayang, melimpahnya produksi garam rakyat tersebut tidak diimbangi dengan harga yang stabil. Di sini butuh peran koperasi garam untuk meningkatkan kualitas dan mengayomi petani.

Bupati Demak, dr Eistianah mengatakan, banyaknya produksi garam diharapkan dapat menyejahterakan petani setempat. Sebab, kata dia, sejauh ini, harga garam tidak stabil sehingga petani merugi. “Di sinilah, pentingnya koperasi dalam menjaga kestabilan harga garam dipasaran,” ujarnya.

Bupati berharap, koperasi bisa meningkatkan kapasitasnya dan menjadi pengayom petani garam. Menurutnya, masalah lain yang dihadapi petani garam adalah kualitas garam yang dihasilkan. “Permintaan pasar saat ini adalah garam yang memiliki kadar di atas 90 persen,” katanya.

Baca juga:  Bawaslu Demak Temukan 5.612 Daftar Pemilih Bermasalah

Karena itu bupati meminta koperasi garam bisa ikut mendorong petani meningkatkan kualitas garam, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.

“Agar produksi garam bisa terfasilitasi dengan baik, maka perlu penunjang berupa infrastruktur jalan dan jembatan tambak garam,” tandasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Demak, Fathkurrahman mengatakan, garam sebagai hasil dari sektor kelautan memiliki nilai tinggi yang mampu mensejahterakan masyarakat.

“Produksi garam rakyat (Pugar) di Demak terus kita dorong untuk ditingkatkan, baik secara jumlah maupun kualitasnya,” katanya. (hib/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya