alexametrics

Peserta KB Aktif Berdasarkan Susenasdi Demak Capai 66,38 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Berdasarkan hasil survey sosial ekonomi nasional (Susenas) terbaru untuk peserta keluarga berencana (KB) aktif di wilayah Kabupaten Demak mencapai 66,38 persen. Sedangkan, khusus untuk wilayah Kecamatan Sayung, peserta KB aktif (PA) hingga Juli 2021 menempati angka 72,42 persen.

Hal ini disampaikan Adi Susanto, selaku Kasi Pengendalian Pendudukan (Dalduk) Dinpermades P2KB Pemkab Demak dalam kegiatan penyuluhan KB di Kecamatan Sayung.

Penyuluhan KB yang melibatkan unsur tenaga kesehatan (nakes) dan pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait dengan kondisi KB terkini yang ditangani Dinpermades P2KB.

Menurutnya, capaian PA aktif tersebut menjadi penting dipaparkan agar dapat diketahui oleh nakes maupun PPKBD di wilayah kecamatan, termasuk di Kecamatan Sayung. “Ini data terbaru yang mesti diketahui unsur pelaksana kegiatan KB di desa,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sub PPKBD Sayung juga diberikan bekal dalam rangka menangani keluhan terkait beberapa hal, termasuk jika ada kegagalan akseptor KB. Berbagi pengalaman PPKBD dipandu langsung Abdul Syukur selaku penyuluh KB di tingkat desa.

Abdul Syukur mengatakan, sub PPKBD selalu diingatkan agar berkonsultasi dengan petugas lapangan KB (PLKB) baik secara langsung maupun melalui PPKBD masing masing desa.

“Karena itu, dengan adanya kegiatan penyuluhan KB seperti ini diharapkan hubungan kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berlanjut. Bahkan, kita berupaya untuk terus  meningkat,”katanya.

Kabid P2PP Dinpermadesa P2KB, Sukardjo mengatakan, penyuluhan KB tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk membekali nakes maupun PPKBD agar selalu ingat tugasnya selaku petugas KB di tingkat kecamatan maupun desa. (hib/bis/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya