alexametrics

Penanaman Mangrove Polda Jateng Dipusatkan di Pesisir Sayung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Polda Jateng secara serentak kemarin melakukan penanaman 1 juta batang mangrove. Penanaman  terbagi dalam 16 titik Polres yang memiliki garis pantai, termasuk di pesisir Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak. Tiap polres menanam antara 50 hingga 70 ribu batang mangrove.

Penanaman yang mengusung tema mageri segoro ini melibatkan para stakeholder, termasuk Pemkab Demak dan masyarakat sekitar. Aksi penghijauan ini memperoleh penghargaan dari museum rekor Indonesia (MURI).

“Menanam itu mudah. Nah, yang sulit itu merawat,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol  Ahmad Lutfi.

Karena itu, kata Kapolda, perawatan mangrove akan dipantau langsung oleg Ditpolair Polda Jateng, bersama pihak terkait, utamanya para kelompok pecinta lingkungan Al Barokah Morosari.

Baca juga:  100 Pelaku UMKM Terima Suntikan Modal

“Selain mencegah rob dan abrasi pantai Sayung, juga untuk meningkatkan ekonomi nelayan, dan mengurangi emisi gas karbon,”kata kapolda.

Ganjar Pranowo menyampaikan, pencegahan rob dan abrasi terus dilakukan, termasuk oleh Polda Jateng. “Penanaman mangrove ini bagian dari ikhtiar kita dalam upaya mengatasi bencana abrasi,”katanya.

Untuk memenuhi bibit mangrove telah dibantu pembibitan di Kabupaten Brebes, sebagai satu satunya sentra pembibitan mangrove.

Kapolres Demak, AKBP Budi Adhy Buono menambahkan, Polres Demak sebagai salah satu tuan rumah penanaman mangrove oleh Polda Jateng sebelumnya telah menyiapkan lokasi penanaman. Yaitu, di Desa Bedono. Desa ini telah lama terdampak rob dan abrasi. “Karena itu, butuh penanaman mangrove,” katanya. (hib/zal)

Baca juga:  Agus Taufiqurrahman Pimpin ISNU Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya