alexametrics

Buruh Mranggen Divaksin Dosis Kedua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Buruh di sejumlah perusahaan wilayah Manggen mulai tercover vaksinasi. Kemarin mereka menerima dosis kedua.

Sebelumnya, vaksinasi menyasar karyawan CV Jaya Setya Plastik, PT KCUN, PT NBI dan PT Saniharto, kini vaksinasi ditujukan untuk 1.206 buruh di pabrik PT Cipta Wijaya Mandiri di Mranggen.

Dandim 0716 Demak, Letkol Arh Muh Ufiz berharap, dengan vaksinasi ini para buruh tetap bisa produktif saat pandemi Covid-19. “Untuk vaksin ini hasil kerja sama antara pemerintah dengan PT Bio Farma,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi dilakukan dua kali penyuntikan. Dosis 0,5 ml dengan rentang waktu antara 14 hingga 28 hari dari penyuntikan dosis pertama. Dosis pertama berfungsi untuk mengenal vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya. Sehingga sistem kekebalan tubuh terbentuk.  Sedangkan, dosis kedua akan menguatkan respon imun yang terbentuk sebelumnya.

Baca juga:  Pasien RS Pelita Anugerah Panik saat Kebakaran Pabrik Pupuk, Bayi Dalam Inkubator Turut Dievakuasi

“Butuh waktu untuk membentuk antibody tubuh. Dalam vaksinasi, antibodi akan optimal terbentuk setelah 28 hari dari suntikan kedua,” terangnya.

Selama itupula, orang yang sudah divaksin tetap menjaga imunitas dan tetap taati protokol kesehtaan (prokes). “Jaga jarak, cuci tangan dan bermasker,” katanya. (hib/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya