alexametrics

196 Penghuni Rutan Demak Divaksinasi

Artikel Lain

 

RADARSEMARANG.ID, Demak – Sebanyak 196 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Demak kemarin menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksinasi kali pertama ini dibantu oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Demak. Kasubsi Pelayanan Tahanan, Fajar mengatakan, warga binaan tersebut ditargetkan selesai divaksinasi dalam satu hari. “Ini ikhtiar kita untuk memutus mata rantai Covid-19,”ujarnya.

Vaksinasi juga sebagai upaya meningkatkan imun tubuh para narapidana (napi) maupun tahanan yang ada di Rutan Demak. Dengan demikian, warga binaan diharapkan dapat terhindar dari paparan virus korona, utamanya saat menjalani masa hukuman di dalam tahanan tersebut. “Alhamdulillah. Sejauh ini tidak ada yang terpapar. Mudah mudahan aman dan sehat semua,”ujar Fajar.

Baca juga:  Tegang Ditensi Berkali-kali, Selesai Divaksin Langsung Lapar

Kepala Rutan Demak, Riski Burhannudin, menambahkan, vaksinasi yang dilaksanakan sebagai langkah nyata dalam upaya pencegahan paparan Covid-19. “Kita ada tim kesehatan yang selalu mengecek kondisi para warga binaan,”katanya. Setelah divaksinasi itu, tim kesehatan juga akan terus memantau dan dipastikan baik baik saja. “Sebelum divaksin, mereka sudah sarapan pagi dulu,”katanya.

Kepala Dinkes Guvrin Heru Putranto melalui Kabid Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Heri Winarno, SKM mengungkapkan, vaksinasi sinovac di Rutan Demak tersebut sebagai tindaklanjut dari vaksinasi yang telah dijalankan selama ini. “Kita inginnya ngebut untuk menyelesaikan vaksinasi. Tapi, kita juga menunggu stok vaksin yang ada. Stoknya terbatas,”katanya.

Sejak vaksinasi kali pertama dilakukan, kini yang divaksinasi tahap pertama atau dosis satu mencapai 189.041 orang. Sedangkan, yang telah divaksinasi kali kedua atau dosis kedua baru tercapai 59.303 orang. “Karena itu, kita sekarang prioritaskan untuk vaksinasi yang kedua dulu agar tidak njomplang dengan jumlah vaksinasi yang pertama,”katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Pasar Rakyat Kembali Dibuka

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya