alexametrics

Tingkatkan Kualitas Notaris dan PPAT

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kabupaten Demak bersama Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) melakukan pembinaan terhadap anggota notaris dan PPAT. Kegiatan berlangsung di ruang Bina Praja.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) INI Demak, Syamsul Arifin menyampaikan, pembinaan dijalankan dalam rangka updating pengetahuan notaris dan PPAT. Utamanya yang terkait dengan kode etik profesi.

“Kita undang narasumber berkompeten di bidangnya. Dengan demikian, apa yang disampaikan ada nilai manfaat dan nilai lebih,” katanya di sela pembinaan yang mengusung tema fungsi dan peran MPD dan MP3D dalam penguatan profesi notaris dan PPAT.

Menurutnya, pembinaan secara intensif perlu dilakukan agar kualitas notaris dan PPAT meningkat. “Selain peningkatan SDM internal, melalui profesi ini kita juga telah sedikit banyak turut membantu pemerintah daerah dari sektor pajak,” katanya. Diantaranya, dari  BPHTB (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan) dan lainnya.

Baca juga:  Pacu Keuntungan, BUMD Harus Berinovasi

Tak hanya itu. Pihaknya juga aktif memberikan bantuan kepada warga yang terkena bencana alam, baik banjir, kebakaran maupun kekeringan, termasuk bakti sosial dalam meringankan beban warga terkait pandemi  Covid-19.

Bupati Demak, dr Eistianah mengungkapkan, keberadaan notaris dan PPAT sangat penting untuk pembuatan akta otentik kepemilikan tanah warga. Dengan demikian, ada perlindungan hukum atas validitas sertifikat yang diterbitkan bersama Kantor Pertanahan setempat.

“Meski demikian, kami berharap baik notaris maupun PPAT agar lebih berhati-hati dalam bertugas, terutama dalam pengurusan kasus sengketa tanah. Sebab, dampaknya bisa berlangsung bertahun tahun,” katanya. (hib/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya