alexametrics

Ngeri! Petugas Temukan Makanan Mengandung Borax, Pewarna Tekstil dan Pengawet Mayat saat Sidak Pasar Bintoro

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan berhasil menemukan bahan makanan dicampur pengawet, seperti borax, rodhamin B atau pewarna tekstil dan formalin atau bahan kimia pengawet mayat. Bahan pengawet dalam makanan itu jika dikonsumsi terus akan menimbulkan dampak kesehatan seperti kanker kulit, kelainan darah dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Guvrin Heru Putranto melalui Kabid Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan dr Ribekan mengatakan, berdasarkan temuan lapangan dari 13 sampel yang ada, 3 diantaranya positif mengandung bahan pengawet berbahaya tersebut.

Bahan pengawet itu ditemukan pihaknya saat membeli mie kuning basah seperti karet, jajanan centil dan ikan cumi kering di Pasar Bintoro.  Sebelumnya, petugas juga telah mengambil 50 sampel dan 7 diantaranya positif mengandung rodhamin B. Untuk menemukan bahan pengawet itu, pihaknya sempat menyamar dulu sebagai pembeli.

Baca juga:  Bawa Kabur Gadis di Bawah Umur, Minta Tebusan Rp 10 Juta

“Setelah penemuan ini, maka langkah selanjutnya adalah menelusuri bahan produksinya. Kita putus dibagian ujungnya yakni produsen. Kita juga koordinasi dengan BPOM,” ujar Ribekan. Selain itu, melakukan penarikan bahan itu dan pembinaan terhadap pedagang pasar  agar menolak bahan makan berbahaya. (hib/bas)

 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya