alexametrics

Pemkab Demak Usulkan Tanggul Laut Sayung hingga Wedung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinputaru) Pemkab Demak telah mengusulkan rencana pembangunan tanggul laut sepanjang pesisir Demak. Mulai pesisir Sayung hingga Wedung, perbatasan Jepara. Tanggul laut ini akan terhubung dengan jalan tol Semarang-Demak. Selain itu, tanggul laut tersebut dapat mengatasi banjir rob dan abrasi.

Kepala Dinputaru Pemkab Demak Doso Purnomo melalui Kabid Pengelola Sumber Daya Alama (PSDA), Maheswara Winiati mengatakan, tanggul laut tersebut juga akan difungsikan sebagai penahan gelombang air laut. Ini seperti fungsi sebagian jalan tol Sayung yang juga dijadikan penahan air laut atau abrasi. “Sudah kita usulkan ke pemerintah pusat atau Kementerian Pekerjaan Umum (PU),” ujarnya.

Baca juga:  Layani 14 Akseptor KB di Klinik Bina Citra Karanganyar

Tanggul laut yang bisa dijadikan akses jalan raya di kawasan pesisir tersebut akan dibangun setelah pembangunan jalan tol Semarang-Demak terealisasi. “Nanti bisa menjadi jalan alternatif juga dari arah Jepara ke Semarang dan sebaliknya. Yakni, lewat pesisir Sayung-Wedung-Jepara,” katanya.

Selama ini, arus lalu lintas Sayung kerap macet lantaran terkena rob. Karena itu, kata dia, jika tanggul laut Sayung-Wedung-Jepara jadi dan ditambah jalan tol Semarang-Demak difungsikan, maka persoalan kemacetan lalu lintas di Sayung-Kaligawe dapat teratasi. (hib/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya