alexametrics

Saling Memotivasi Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Puluhan orang tua (ortu) siswa menyampaikan uneg-unegnya kepada pihak sekolah terkait kondisi pembelajaran daring, dalam sesi parenting yang digelar SMAN 2 Demak kemarin.

Masa pandemi Covid-19 berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan para siswa di sekolah. Selain terpaksa belajar melalui daring (online), mereka juga lebih banyak di rumah. Terlalu lama di rumah membuat jenuh dan bosan. Tidak hanya siswa yang merasakan demikian. Para orang tua (ortu) siswa juga merasakan ketidaknyamanan serupa. Mereka khawatir dengan kondisi berlarut anak-anak tersebut.

Hal ini mengemuka dalam sesi parenting yang digelar SMAN 2 Demak kemarin. Dalam kegiatan program kesiswaan yang dilaksanakan tiap semester ini menghadirkan langsung para ortu siswa, utamanya dari kelas 10 dan kelas 11 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Para ortu menyampaikan unek-unek.

Baca juga:  Terjunkan Water Canon Sterilisasi Ruang Publik

Kepala SMAN 2 Demak, Suntono, menyampaikan, untuk mengatasi masalah yang terjadi terkait dengan proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 ini, diharapkan ada kelancaran komunikasi antara ortu dengan guru atau wali kelas masing-masing siswa.

“Dengan demikian, siswa tetap dapat belajar dengan penuh semangat. Mengingat pembelajaran jarah jauh (PJJ) berlaku hingga dua semester,” katanya didampingi Humas Nur Aini.

Menghadapi situasi PJJ seperti itu, kata Suntono, pihak sekolah telah berupaya semaksimal mungkin memberi solusi yang terbaik bagi anak didik. “Karena itu, dalam parenting ini, kita semua baik kepala sekolah, guru hingga komite bersama-sama memberikan motivasi kepada ortu siswa agar tetap bersabar dalam menghadapi pandemic,” katanya.

Baca juga:  Terpilih Aklamasi, Ismawati Hafiedz Kembali Pimpin PW Muslimat NU Jawa Tengah

Dia berharap, para ortu tetap mau mendampingi anak-anak mereka untuk belajar dan mengukir prestasi.

Selain sesi parenting, SMAN 2 Demak kemarin juga menyerahkan hasil penilaian terstruktur bersama (PTB) untuk pembelajaran selama semester 2. “Dengan adanya kegiatan ini, para ortu dapat mengetahui situasi pembelajaran yang sebenarnya sehingga semua dapat memahaminya,” ujar Suntono.

Selaku komite sekolah, Ahmad Sugiharto juga menyampaikan agar para ortu bersabar dalam menghadapi anak-anak selama belajar di masa pandemi Covid-19.

“Kondisi yang sama juga dialami sekolah sekolah lainnya. Mau tidak mau kita tetap bersabar sembari menunggu kondisi normal kembali,” katanya. (hib/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya