alexametrics

Lestarikan Tradisi Bahtsul Masail PCNU

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Tradisi bahtsul masail atau pembahasan berbagai masalah di masyarakat secara rutin dilakukan jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak.

Ketua PCNU Demak, KH Aminudin menyampaikan, NU yang telah memiliki tradisi bahtsul masail tersebut senantiasa terus menggali hukum Islam (fikih) dalam menyikapi perkembangan kemasyarakatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual. Untuk menentukan hukum, tim mengkaji dengan merujuk pada kitab-kitab klasik yang layak menjadi referensi.

Selain sejumlah masalah itu, Kiai Aminudin juga menegaskan pentingnya pembelajaran siswa dilakukan secara tatap muka atau langsung dihadapan guru. Karena lebih maslahat daripada belajar secara online, kecuali mahasiswa.

“Siswa kan butuh bimbingan guru. Misalnya, belajar menulis, membaca dan lainnya. Kalau mahasiswa bisa belajar mandiri. Jadi, perlu kearifan lokal,” katanya.

Baca juga:  PKB Siapkan Hewan Kurban untuk Mustad’afin

Panitia Bahtsul masail, Kiai Afif menambahkan, tim pengkaji diantaranya membahas terkait penanganan virus korona.  Misalnya, bagaimana pandangan fikih tentang tata cara yang dibenarkan dalam pemulasaran jenazah positif Covid-19. “Apa yang perlu dilakukan tenaga medis mensikapi masalah tersebut dan sebagainya,”ujarnya.

Persoalan lain yang menjadi perhatian adalah pembahasan terkait hukum jual beli online. Pun, nikah secara online maupun hukum talak (cerai) dengan mengirimkan video pada istri. Tak hanya itu. Dalam kehidupan di masyarakat, masalah adzan dengan pengeras suara di masjid dan musala yang berdekatan jaraknya juga tidak luput dari perhatian tim pengkaji dalam bahtsul masail tersebut.

Intinya, bagaimana pandangan fikih dalam menyikapi berbagai masalah yang ada. Termasuk merespon kebijakan pemerintah kaitannya dengan regulasi turunan UU Cipta Kerja. “Bagaimana pandangan fikih tentang regulasi bidang usaha, termasuk miras,”katanya. (hib/zal)

Baca juga:  Polres Demak Vaksinasi 15 Ribu Warga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya