alexametrics

Maksimalkan Wakaf Tunai Atasi Kemiskinan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Upaya pengentasan kemiskinan  melalui akselerasi manajemen pengelolaan gerakan wakaf tunai warga Nahdlatul Ulama (NU) mengemuka dalam Rakorwil Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah NU (Lazisnu) se-Jateng. Rakorwil yang berlangsung di Hotel Amantis Demak selama dua hari ini membahas banyak terkait peluang Lazisnu dalam memaksimalkan wakaf tunai tersebut.

Ketua Lazisnu Demak Zayinul Fata mengungkapkan, selaku tuan rumah, pihaknya mengapresiasi terlaksananya rakorwil Lazisnu se-Jateng tersebut.  Rakorwil diikuti peserta jajaran pengurus atau utusan Lazisnu dari 30 kabupaten/kota di Jateng. “Rakorwil ini membahas poin-poin penting ekonomi umat melalui percepatan gerakan wakaf tunai warga NU,”katanya.

Menurutnya, NU memiliki andil besar dalam mengoptimalkan gerakan wakaf tersebut. “Gerakan wakaf tunai ini diantaranya untuk membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional termasuk di daerah,” ujar wakil ketua DPRD Demak yang juga sekretaris DPC PKB ini.

Baca juga:  Dana Desa Rawan Penyimpangan, Harus Tepat Sasaran

Dalam kesempatan ini, Ketua Lazisnu Jateng Moh Mahsun mengatakan, dari 36 cabang Lazisnu di Jateng, masih perlu dorongan agar berkembang maksimal dalam pengelolaan zakat, infak, sedekah maupun wakaf tunai tersebut. “Belum ada 10 yang progress-nya bagus,” katanya. Menurutnya, kiprah Lazisnu sangat penting dalam upaya menuju kemandirian NU.

Ketua Dewan Pembina Lazisnu Jateng KH Yusuf Chudlori menuturkan, keberadaan Lazisnu diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengelolaan ekonomi umat utamanya warga Nahdliyyin.

Ketua PWNU Jateng KH Muzamil menjelaskan, untuk mengurangi kemiskinan perlu adanya pemberdayaan ekonomi umat melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah maupun wakaf. “Bagaimana pengelolaan itu bisa mengentaskan kemiskinan dan menjadi sarana peningkatan edukasi sumber daya bagi warga NU,” ujar dia. Dengan kiprah Lazisnu tersebut, distribusi kekayaan di negara ini diharapkan bisa lebih baik. (hib/ton)

Baca juga:  Kerahkan Pasukan Sterilisasi Khusus Tempat Ibadah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya