alexametrics

Gedung Baru RSI NU Demak Senilai Rp 32 M Diresmikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSI NU) Demak telah rampung. Kemarin, gedung tiga tingkat senilai Rp 32 miliar tersebut diresmikan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr H Maksoem Machfoed.

Direktur RSI NU Demak, dr Abdul Aziz menyampaikan, gedung baru tersebut bernama KH M Hasyim Asy’ari. “Ini bagian dari dan spirit dan ikhtiar kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, utamanya warga Nahdliyyin di Demak ini,” katanya.

Menurutnya, masih banyak alat kelengkapan yang harus dipenuhi untuk operasional rumah sakit. Pembangunan tersebut telah lama diperjuangkan Yayasan Hasyim Asy’ari dan berbagai pihak, termasuk dukungan dari legislator PKB Fathan Subchi.

Baca juga:  Dari 150 Pengendara, 45 Orang Tak Pakai Masker

Ketua PCNU Demak KH Aminudin mengatakan, adanya gedung baru RSI NU tersebut sebagai salah satu upaya mengawal bidang kesehatan. “Gedung baru ini merupakan pengembangan gedung lama yang sering kebanjiran,” ujarnya.

Total anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 32 miliar. Rinciannya Rp 25 miliar dari pinjaman Bank Mega Syariah, dan Rp 7 miliar dana pendamping. Seharusnya Desember 2020 diresmikan. Namun, karena Covid-19, baru dilakukan sekarang. “Gedung ini masih perlu kelengkapan alat kesehatan (alkes), mebeler dan lainnya,” kata Kiai Aminudin.

Wakil Ketua Umum PBNU, Prof Dr Maksoem Machfoed mengungkapkan, untuk mengembangkan sebuah rumah sakit, kuncinya adalah bersatu dan menghindari perpecahan. “Angger do ora eker ekeran (Selama tidak pada bertengkar) seberat apapun tantangannya bisa kita atasi bersama-sama,” katanya.

Baca juga:  DPRD Usulkan Uji Baca Alquran Bagi Paslon

Senada disampaikan, Prof Muhamad Nuh. Menurutnya, kekuatan organisasi ada pada diri sendiri. “NU itu (kekuatannya) dahsyat puool. Jadikan organisasi ini yang mandiri. Ini sebagai sumber kekuatan luar biasa,” katanya. Karena itu, kata dia, perlu   didirikan RSI NU lain di setiap cabang NU di Indonesia.

Turut menyaksikan peresmian, anggota DPR RI dari Fraksi PKB H Fathan Subchi, anggota DPRD Provinsi Jateng dari Fraksi PKB Hj Ida Nur Sa’adah, Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng KH Muzamil, Rois Syuriah KH Ubaidilah Sodaqah, Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet, Wakil Ketua Zayinul Fata, H Masykuri dan Nur Wahid serta Bupati Demak terpilih dr Eistianah. Para kiai di jajaran PCNU Demak juga turut hadir. (hib/zal)

Baca juga:  Berziarah ke Makam Syekh Mudzakir di Tengah Debur Ombak

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya