alexametrics

Fokus Percepatan Penanganan Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Bupati Demak terpilih, dr Eistianah menargetkan bisa melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi. Hal itu menjadi prioritas utama yang akan dilakukan di tahun pertama kepemimpinannya nanti.

Menurutnya, jika melihat plafon anggaran APBD 2021 yang disahkan Pemkab Demak  dan DPRD setempat, fokus utama adalah penanganan pandemi Covid-19 tersebut. “Kita juga tetap melihat bagaimana perkembangannya nanti, termasuk vaksinasi covid ini,” ujar Eisti saat ditemui di halaman rumahnya di Kampung Tembiring, Kota Demak.

Meski demikian, kata dia, pembangunan infrastruktur juga masih menjadi perhatian khusus, utamanya jalan akses ke lahan pertanian atau jalan usaha tani.  Secara umum, perbaikan infrastruktur jalan tetap sebagai salah satu program unggulan sebagaimana yang telah dijabarkan dalam visi misi. “Jalan pertanian ini saya pikir sangat penting agar ongkos transportasi murah, termasuk di wilayah pesisir penghasil garam,”katanya.

Baca juga:  Dani Sempat Bikin Wasiat, Totok Stres Tunggu Hasil Swab

Untuk membangun Kota Demak nanti, Eisti  mengaku telah menyiapkan upaya pengembangan wilayah perkotaan. Sebelum itu akan diawali dengan mengadakan sayembara dengan melibatkan langsung partisipasi masyarakat. Penataan kota juga akan dilengkapi dengan fasilitas umum (fasum) yang memadai dan layak untuk akses publik. “Untuk bantuan  tempat tempat ibadah juga ditingkatkan,”katanya.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah melaksanakan reformasi birokrasi. Salah satunya adalah meningkatkan pelayanan satu atap dengan sistem serba digitalisasi. Dari sisi sumber daya manusia (SDM) yang ada di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), pihaknya juga akan melakukan penataan pegawai mendasarkan pada kompetensi yang dimiliki atau sesuai dengan kompetensinya.

Kali Tuntang Lama sebagai ikon baru. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Kebut Penataan Wisata hingga Persoalan Kesehatan

Baca juga:  Renovasi Pos Kamling, Hidupkan Keamanan Desa

Berbagai sektor yang menjadi tanggungjawab pemerintahan Kabupaten Demak bakal menjadi sorotan dr Eistianah. Di bidang pariwisata, penataan kawasan terminal wisata Tembiring akan menjadi perhatian khusus. Selain disinkronkan dengan tata kota, juga diselaraskan dengan pengembangan UMKM. “Kita juga ingin bagaimana para peziarah (wisatawan) mau berlama lama di Demak. Karena itu, akan kita tata sedemikian rupa,”ujar Eistianah.

Di bidang pendidikan, sekolah secara daring juga masih menjadi tantangan selama masa pandemi. Menurutnya, dalam sistem daring itu, bagaimana siswa tidak sekadar mengumpulkan tugas tetapi juga mendapatkan pembelajaran yang optimal.

Di bidang lain, pihaknya juga akan mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bantuan akan ditingkatkan sehingga UMKM bisa punya modal usaha dan ekonomi masyarakat kecil bisa hidup dan berjalan dengan baik. “Untuk sektor UMKM ini, yang masih menjadi kendala adalah pemasaran. Produk yang dihasilkan juga masih terbatas. Maka, perlu ada pendampingan dari pemerintah,” katanya.

Baca juga:  Berdayakan Sesama Difabel, Terpilih Jadi Fashion Incubator

Eistianah menambahkan, persoalan di bidang kesehatan juga menjadi perhatian yang sama. Utamanya soal penanganan program BPJS Kesehatan. “Semua harus bisa mengakses BPJS ini. Termasuk warga miskin yang sangat membutuhkan pertolongan saat sakit. Artinya, tidak ada pembedaan pelayanan. Yang beda hanya ruang rawat inap saja sesuai kelas BPJS yang ada,” katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya