alexametrics

Masa Pandemi, Sengkuyung Jaga Kebersihan Lingkungan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Kampung Gelatik yang terletak antara Kelurahan Bintoro dan Kelurahan Kalicilik, Kecamatan Demak Kota menjadi percontohan. Kampung ini tercatat sebagai juara 1 dalam program kampung juara tingkat kabupaten.

Sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan itu, Kampung Gelatik memperoleh bantuan pembangunan gapura dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinperkim) Pemkab Demak. Kemarin, gapura senilai Rp 98,2 juta tersebut diresmikan Wabup Joko Sutanto.

Ketua Paguyuban Warga Kampung Gelatik, Sumintono menyampaikan, kampung tersebut memiliki sejumlah keunggulan dalam pelaksanaan program wilayah. Di antaranya, selain sengkuyung menjaga kebersihan lingkungan, juga ada senam diabet, pemeriksaan kesehatan untuk usia 50 tahun ke atas, gotong royong, bank sampah dan lainnya.

“Jadi, Kampung Gelatik ini dibangun oleh komunitas warga yang masuk wilayah Kelurahan Bintoro dan Kalicilik,”katanya.

Baca juga:  Narkoba Rp 2,1 M Dimusnahkan

Wabup Joko Sutanto mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, kebersihan lingkungan harus dapat dijaga dengan baik. Selain itu, warga juga harus mentaati protokol kesehatan (prokes).

“Kita juga harus memahami bahwa hidup di kampung itu kuncinya adalah dapat bersosialisasi dalam bertetangga, termasuk masalah pentingnya menjaga lingkungan di masa pandemik korona ini,” ujar Wabup Joko didampingi Camat Demak Kota, HM Syahri.

Menurutnya, keberhasilan Kampung Gelatik dalam lomba kampung juara dapat dijadikan contoh kampung lainnya.

“Membuat kampung itu mudah, tapi merawatnya sulit,kata dia. Dia menambahkan, program kampung juara tersebut harus dilanjutkan dan dikembangkan. “Demak ben orang di-nyek (di ece) daerah lain,” ungkap Joko.

Baca juga:  Isolasi Terbatas Tingkat RT Dinilai Lebih Efektif

Kepala Dinperkim, Ahmad Sugiarto mengungkapkan, kampung juara tersebut telah dijalankan dalam beberapa tahun ini. “Tujuannya adalah untuk menciptakan perkampungan yang sehat dan kreatif,” katanya. (hib/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya