alexametrics

Bekali Santri dengan Keterampilan Jadi Perhatian Gus Bad

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Calon Wakil Bupati (Cawabup) Demak Muhammad Badruddin Mas’hum (Gus Bad) memiliki cita-cita yang pasti untuk membantu mengembangkan dunia pesantren. Ia mengatakan, salah satu kunci pondok pesantren (ponpes) bisa berkembang maju jika para santrinya tidak hanya pintar dalam menguasai ilmu agama saja. Namun, santri juga harus bisa terampil dalam mengembangkan dirinya.

“Karena itu, santri perlu dibekali dengan berbagai macam keterampilan agar kemampuannya yang terpendam dapat terasah. Termasuk bagaimana santri juga menguasai teknologi terkini,” ujar Gus Bad.

Dengan menguasai keterampilan yang dipadu dengan keilmuan agama itulah, kata Gus Bad, santri akan memiliki keunggulan tersendiri untuk menjawab tantangan zaman. “Dengan keterampilan yang dimiliki, kehidupan santri juga lebih sejahtera. Tentu, itu harapan kita bersama,” kata paslon dari Cabup Mugiyono yang diusung Partai Nasdem dan Partai Gerindra tersebut.

Baca juga:  BPKB Mranggen Layani KB di Klinik Pucang Anom Medika Batusari

Menurutnya, pemerintah daerah dapat mengoptimalkan kemampuannya untuk membantu para santri yang sedang belajar di pondok pesantren, utamanya di Kabupaten Demak. “Kita bekali para santri ini nanti dengan pelatihan pelatihan. Mereka juga harus paham bagaimana mengelola usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau kreativitas bidang yang lain,” ujar putra Syekh Ma’shum Mahfudhi, pendiri Ponpes Fathul Huda Sidorejo, Sayung ini.

Gus Bad juga mengatakan, pemerintah daerah perlu memberikan wadah untuk mengembangkan kreativitas santri tersebut. Itu bagian dari upaya pembinaan pemerintah terhadap santri. “Di Kabupaten Demak ini kan banyak pondok pesantren dengan ribuan santri. Karena itu, mereka nanti kita perhatikan dan kita berikan wadah untuk mengasah kemampuan mereka,” katanya.

Baca juga:  PKB Demak Siaga Penuh Bantu Tangani Pandemi Covid-19

Menurutnya, dengan gerakan bersama santri, maka pembangunan Kota Wali dapat terarah lebih baik. “Sudah saatnya santri ikut berjibaku mewarnai untuk membangun daerahnya. Karena itulah, peran santri dalam pembangunan daerah sangat dinantikan,” kata Gus Bad, adik kandung Pengasuh Ponpes Fathul Huda yang juga Rois Syuriyah PCNU Demak KH Zainal Arifin Ma’shum ini. (hib/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya