Peziarah Makam Sunan Kalijaga lewat Pintu Belakang

140
Petugas Makam Kadilangu mengecek suhu tubuh peziarah di pintu masuk bagian belakang. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Demak – Sehari menjelang Idul Adha, suasana makam Sunan Kalijaga di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak Kota, dibanjiri peziarah. Meski pintu gerbang bagian depan ditutup, namun peziarah diperbolehkan masuk lewat pintu belakang.

Pintu gerbang utama itu dijaga empat petugas dari Dinas Pariwisata secara bergantian. Meski demikian, para peziarah yang datang tetap bisa masuk melalui pintu belakang masjid. Pintu tersebut dijaga petugas dari pihak keluarga atau Yayasan Sunan Kalijaga.

Agung Dwi Susanto dari Dinas Pariwisata mengatakan, pihaknya ditugaskan bersama petugas yang lain untuk menjaga pintu depan Makam Sunan Kalijaga. Menurutnya, jika ada peziarah yang datang di bagian depan pintu gerbang, maka akan dicek kesehatannya dengan thermo gun. “Kita hanya bertugas di depan pintu ini saja. Kalau yang dipintu masuk belakang kita tidak tahu,” ujar Agung. (hib/zal/bas)