alexametrics

Data Rapid Test Penting untuk Melokalisir Paparan Covid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Ribuan pekerja pabrik PT Karya Cipta Unggul Nusantara (KCUN) Karangtengah menjalani rapid test massal. Rapid test yang dilakukan bekerjasama dengan Kodim 0716 Demak ini turut membantu pemerintah setempat dalam mencegah dan menekan angka persebaran korona (covid-19) di Kota Wali yang terus mengalami kenaikan.

Dandim 0716 Demak, Letkol Arh M Ufiz menyampaikan, pabrik lain bisa mengikuti langkah PT KCUN tersebut untuk melaksanakan kegiatan rapid test bagi karyawan dan keluarganya. “Tentu, kegiatan ini dapat membantu kami dari Gugus Tugas dalam mengurangi dampak paparan korona,” ujar Dandim.

Menurutnya, rapid test ini akan menjadi data penting dalam upaya melokalisir orang atau daerah bila ditemukan yang reaktif.  “Karena rata rata karyawan PT KCUN ini,  90 persen dari sekitar pabrik. Kita imbau, bila ditemukan tes reaktif, jangan takut dan jangan dianggap sebagai aib,” katanya.

Baca juga:  Sudah Disulap, Begini Kondisi Taman Lele Sekarang

Menurut Dandim, di Demak rata rata ditemukan orang tanpa gejala (OTG). Meski demikian, para OTG ini diketahui cepat sembuh. “Gugus Tugas sendiri terus menggencarkan tracing yang diawali dengan rapid test massal secara masif di beberapa tempat. Seperti, di pasar, tempat ibadah, kantor, dan lainnya,” ujar Dandim M Ufiz.

Perwakilan PT KCUN, Cindy Budianto mengatakan, rapid test bersama Kodim 0716 Demak dan Dinas Kesehatan di pabrik produsen pintu kayu ekspor tersebut diikuti sekitar 2.500 orang pekerja pabrik. “Kita telah sepakat jika ada yang reaktif langsung dilokalisir. Ini upaya mencegah sedini mungkin paparan korona sekaligus langkah tetap menjaga kesehatan karyawan. Semua karyawan ikut rapid test ini dan semua kita bayar. Kita wajibkan semua,” katanya. (hib/bas)

Baca juga:  Batuan Kuno Ditemukan di Kedalaman 25 Sentimeter

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya